19 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

5 Makanan untuk Meredakan Flu dan Hidung Tersumbat

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh : Safira Maharani

Perubahan cuaca yang tak menentu kerap membuat imun tubuh terganggu. Salah satu gangguan kesehatan yang kerap muncul adalah flu.

Biasanya, penyakit flu juga disertai dengan pilek. Tak jarang, lendir atau ingus tertahan dan menyumbat hidung. Akibatnya, pernapasan jadi terganggu.

Bukan hanya membuat sulit bernapas, pada kasus yang lebih parah, hidung tersumbat bisa menimbulkan sakit kepala. Supaya bisa kembali bernapas lega, kamu bisa mengobatinya secara alami dengan mengkonsumsi beberapa makanan, lho.

Berikut telah kumparan rangkum tujuh makanan yang bisa membantu meredakan hidung tersumbat karena flu:

1. Jahe


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Teh jahe Foto: Shutter Stock

Rempah yang satu ini sudah sangat sering digunakan sebagai bahan pengobatan alami. Kandungan anti inflamasi dan anti bakterialnya efektif untuk meredakan gejala flu dan pilek. Bila hidung sudah mulai tersumbat, cobalah konsumsi teh yang dipadukan dengan jahe, lemon, dan madu.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Sebelum menyesapnya, hirup terlebih dahulu uap hangat dari teh untuk merelaksasi syaraf-syaraf hidung. Selain itu, komponen penawar rasa sakit dari jahe dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh hidung mampet dan sakit kepala.

2. Makanan pedas


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi cabai. Foto: Pixabay

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi bila makanan pedas dapat membantu melancarkan aliran lendir. Kandungan capcaisin dalam cabai akan menyalurkan panas ke dalam hidung sehingga mengurangi rasa sakit, inflamasi, dan melepaskan lendir yang tersumbat karena flu.

Studi berjudul Annals of Energy, Asthma, and Immunology pada 2011 menemukan bahwa partisipan yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan capcaisin mengalami penurunan hidung tersumbat serta tekanan dan rasa nyeri yang disebabkan oleh sinus.

3. Peppermint


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi teh peppermint Foto: Pixabay

Pelayanan Kesehatan Universitas Michigan merekomendasikan makanan yang mengandung menthol seperti peppermint untuk mengurangi hidung tersumbat. Kandungan menthol dapat menstimulasi reseptor saraf di hidung, yang membuat kita merasa seolah-olah menghirup lebih banyak udara.

Kamu bisa menyesap secangkir teh peppermint dan menghirup uapnya untuk melancarkan lendir yang tersumbat dalam hidung.

4. Sup ayam


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi sup ayam jamur Foto: Shutterstock

Salah satu makanan yang pasti dikonsumsi saat pilek adalah sup ayam. Kuah hangat dari sup ayam bahkan diklaim lebih efektif dalam membersihkan lendir hidung bila dibandingkan dengan minuman lainnya.

Selain itu, daging ayam mengandung asam amino sistein yang membantu memecah lendir. Tak hanya melancarkan lendir, kehangatan dari sup ayam juga akan memberkan perasaan nyaman.

5. Bawang putih


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi bawang putih Foto: Shutter Stock

Bumbu dapur yang satu ini mengandung antibakterial dan antijamur yang bisa meringankan hidung tersumbat. Bawang putih juga mengandung bahan aktif allyl thiosulfonate yang dipercaya membuat hidung merasa lega.

Bila kurang suka menyantap bawang putih mentah, kamu bisa mencampurnya ke dalam saus salad atau menumisnya dengan sayuran lain. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan potongan bawang putih ke dalam secangkir air panas dan menghirup uapnya.

%d blogger menyukai ini: