29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Mengintip Giatnya Kapolres Baubau dan Buton, Amankan Pilkada Baubau

Kesiapan pihak Kepolisian Resort Kota Baubau dan Resort Buton, dalam mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Baubau, terlihat bukan basah-basih.

Hal ini terbukti, diawal pendaftaran Bakal Calon (Balon) Wali kota Baubau Periode 2018-2023, kedua pimpinan kepolisian ini, langsung turun lapangan.

Bagaimana pemantauan tim timurmerdeka.com di lapangan. Berikut kisahnya.

Laporan: Gino Samsudin Mirsab (Kota Baubau).

Kesiagaan petugas keamanan, selain membuat sejumlah portal, juga personil gabungan itu, tidak terlihat santai di KPUD Kota Baubau. Yang ada didalam kawasan kantor KPUD hanya kedua Kapolres itu saja. Sementara seluruh anggota berada dijalan raya disekitar KPUD. Ketatnya penjaga itu, tujuannya untuk mengantisipasi segala macam gangguan keamanan.

Adanya personil kepolisian Kota Baubau dan Polres Buton, dalam rekayasa sebelumnya telah disepakati untuk bahu membahu, siap mengamankan proses pendaftaran, hingga waktu pencoblosan di Pilkada Kota Baubau.

Kolaborasi membackup keamanan Pilkada Kota Baubau, selain antisipasi secara dini, sekaligus merupakan awal dimulainya pengamanan dalam rangka Pilkada Wali kota Baubau periode 2018-2023 yang sesuai rencana dilaksanakan pada bulan Juni 2018 mendatang. Demikian dikatakan Kapolres Kota Baubau AKBP Daniel, kepada sejumlah media di KPUD Kota Baubau pada Rabu (10/1/2018) lalu.

Pilkada Wali Kota Baubau periode 2018 – 2023 itu, meskipun sementara baru masuk pada tahap pendaftaran, namun sudah menunjukkan gejala peningkatan exkalasi politik didaera itu. Antisipasi timbulnya gangguan keamanan, pihaknya menyiagakan ratusan personil.

“Rekayasa dan Strategi keamanan merupakan awal prakteknya seluruh personil keamanan. Kalau dilihat di mulut jalan masuk KPUD, ada portal-portal, dan selanjutnya kawat duri, juga pagar hidup ratusan personil keamanan”, tuturnya.

Melihat kondisi ini tambah Pamen Polri yang berpangkat 2 bunga melati dipundaknya itu, menyebutkan, meskipun baru, beberapa bulan menjabat diwilayah hukum Polres Kota Baubau, namun sebagai anggota yang kenyang pengalaman hal ini biasa saja.

“Kok, baru tahap pendaftaran saja, masing-masing Balon sudah ramai masa dukungannya…?. Bagaimana kalau sudah berjalan, hingga pada proses pencoblosan”, ujarnya.

Selain itu, tambah Daniel, selain mengantisipasi gangguan pertemuan antara masa masing-masing pendukung, juga pihaknya lebih awal menyiagakan personil, mantapkan strategi. Anggap saja hari ini, Show force dan merupakan praktek anggota Polres Baubau, Polres Buton, Brimob dan anggota TNI.

“Pengamanan dari pintu masuk menuju KPUD ada portal-portal, menandakkan Kepolisian tidak main-main, dalam mengantisipasi gangguan keamanan sekecil apapun”, tegasnya.

Daniel menambahkan, jumlah masa yang hadir di KPUD di hari kedua itu, tampak bertamba jumlahnya. Deteksi ini, berupa antisipasi, karena anggotanya bukan saja terkosentrasi di KPUD, melainkan juga disemua kegiatan di dalam Kota Baubau.

“Personil keamanan mengantisipasi gangguan keamanan bukan saja di KPUD, melainkan juga diseluruh Kota Baubau. Demikian pula masuk Bandara, maupun pelabuhan, itu juga menjadi tanggung jawabnya”, bebernya.

Daniel mengakhiri ungkapannya, kondisi keamanan Kota Baubau aman dan kondusif dewasa ini, sepatutnya disyukuri. Meskipun suhu politik kian meningkat. Artinya gangguan keamanan itu, sesungguhnya bukan saja tanggung jawab keamanan, melainkan juga dibutuhkan peran serta masyarakat.

“Ketatnya pengamanan di KPUD Baubau, tiada lain bertujuan antisipasi gangguan keamanan. Adanya portal itu, merupakan upaya, guna suksesnya keamanan warga masyarakat dan kantor KPUD Baubau”, ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Buton AKBP Andi Herman yang turut siaga di KPUD Baubau, menjawab pertanyaan wartawan, personil Polres Buton personil bantuan, daerah Pilkada yang terdekat, adalah Polres Buton. Anggota yang disiagakan untuk membantu sekitar 200-an personil.

“Anggota Polres Buton, Polres terdekat dari Kota Baubau. Sewajarnya anggota saya, disiaga membantu Polres Baubau. Dan kapanpun dibutuhkan personilnya siap diterjunkan”, ujarnya. (*****).

%d blogger menyukai ini: