21 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kapolres Baubau dan Buton, Bahu Membahu Amankan Pilkada Kota Baubau

Baubau-Timurmerdeka.com. Untuk mengantisipasi gangguan keamanan dalam rangka pendaftaran para Bakal Calon (Balon) Wali Kota Baubau. Kepolisian Kota Baubau dan anggota Polres Buton bahu membahu siap mengamankan Pilkada Kota Baubau.

Polres Pasarwajo, dan sejumlah anggota TNI, turut kolaborasi membackup keamanan Pilkada Kota Baubau. Kolaborasinya diantara pengamanan itu, karena ada dugaan gangguan keamanan akan meningkat menjelang Pilkada.

Sebut saja pendaftaran para Balon Wali kota dikantor KPUD Baubau. Masing-masing Balon cukup banyak simpatisannya. Demikian dikatakan Kapolres Kota Baubau AKBP Daniel kepada sejumlah media didepan kantor KPUD Kota Baubau Rabu (10/1/2018).

Menurutnya pemilihan Wali Kota Baubau di periode 2018 – 2023 itu, sementara ini baru masuk pada tahap pendaftaran. Untuk mengantisipasi timbulnya gangguan, pihak Kepolisian telah menyiagakkan ratusan personilnya.

“Strategi rekayasa keamanan yang dilakukan pihak Kepolisian Kota Baubau, diawali dari mulut jalan raya memasuki kantor KPUD. Dengan memansang kawat duri, harapannya masing-masing masa para Balon dapat berpikir dua kali untuk membuat keributan atau kegaduhan”, tuturnya.

Melihat kondisi ini tambah Akbp Daniel, meskipun baru beberapa bulan menjabat di Polres Kota Baubau, namun dia sudah berpengalaman ditempat tugasnya yang lama. Kok, tahap pendaftaran Balon saja sudah cukup ramai masanya.

Untuk mengantisipasi gangguan terutama antara masa masing-masing balon, maka pihaknya telah menyiagakan ratusan personil yang tergabung personil anggota Polres Baubau, anggota Polres Buton, Brimob juga dan TNI.

“Ketatnya pengamanan dipintu masuk menuju kantor KPUD itu, menandakkan Kepolisian tidak main-main mengantisipasi gangguan keamanan. Kami siagakan kawat berduri, sebagai antisipasi bantuan gangguan keamanan. Ratusan anggota Polri dan TNI telah siaga”, tutur perwira menengah berpangkat dua bunga mawar dipundaknya itu.

Daniel menambahkan, pendaftaran Balon Wali Kota di hari pertama, itu jumlah masa juga banyak, demikian pula di hari kedua ini, terus nampak bertamba jumlahnya. Antisipasinya semua kegiatan terkonsentrasi di tempat pendaftaran di KPUD.

“Personil mengantisipasi gangguan keamanan terkosentrasi di kantor KPUD, halang rintang dilakukan agar tidak semua kendaraan bisa masuk hingga kekantor KPUD. Demikian pula pintu masuk halaman KPUD, ada cek point dipintu masuk”, katanya.

Daniel mengungkapkan, kondisi keamanan Kota Baubau, sesungguhnya terbilang aman dan kondusif. Namun tidaklah salah bilamana ada antisipasi. Pengalaman dalam bertugas selama ini, gangguan itu, biasanya muncul secara spontan.

“Ketatnya pengamanan di kantor KPUD Baubau, tiada lain bertujuan mengantisipasi segala macam gangguan keamanan. Terutama disekitar kantor KPUD itu harus steril”, katanya.

Sementara itu, Kapolres Buton AKBP Andi Herman yang turut hadir memantau di KPUD Baubau, menjawab pertanyaan wartawan, personil Polres Buton, sebagai daerah terdekat dengan Kota Baubau, tanpa dimintapun haru siaga, dan kapanpun dibutuhkan sudah disiagakan 200-an orang.

“Anggota Polres Buton, Polres terdekat dari Baubau, sewajarnya siaga membantu, kapanpun dibutuhkan. Mengenai personilnya telah disiagakan kurang lebih 200-an anggota”, ungkapnya. (Gin).

%d blogger menyukai ini: