5 Juli 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

AS: Pembelian S-400 Turki Ciptakan Resiko yang Tidak Bisa Diterima

Berita ini diberdayakan untuk sindonews.com

Oleh : Victor Maulana


Kementerian Pertahanan AS menyebut, pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia oleh Turki telah menciptakan resiko yang tidak dapat diterima untuk AS. Foto/Istimewa

WASHINGTON – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) menyebut, pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia oleh Turki telah menciptakan resiko yang tidak dapat diterima untuk AS.

“Sistem radar akan memberi Rusia informasi sensitif militer pada F-35, yang merupakan pesawat generasi kelima kami yang berkualitas tinggi,” kata Wakil Asisten Menteri Pertahanan untuk Kebijakan Eropa dan NATO, Andrew Winternitz.

“Dari sudut pandang kami, tidak ada langkah yang dapat mengurangi kekhawatiran kami tentang hal ini,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Sabtu (8/6).

Baca Juga:
Hulu Ledak Rudal AS untuk Lawan Ancaman Korut Bermasalah
AS Sebut Israel Berhak Aneksasi Wilayah Tepi Barat

Winternitz kemudian mengatakan, AS telah melakukan kontak terus-menerus dengan Turki tentang pembelian itu dan mengatakan kesepakatan itu tidak sesuai dengan deklarasi KTT NATO 2016 yang ditandatangani oleh Turki.

Meskipun demikian, dia mengatakan Washington berharap hubungan bilateral dengan Turki dapat terus berjalan dengan baik. “Hubungan kami banyak berlapis, dan kemitraan strategis yang kami miliki dengan mereka akan tetap ada, dan kami hanya berharap kami dapat membahas masalah ini dengan mereka,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya Rusia dilaporkan mulai mengirim sistem pertahanan rudal S-400 ke Turki meski AS mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada Ankara.

Kontraktor pertahanan Rostec mengatakan senjata pertahanan canggih itu akan tiba di Turki dalam dua bulan. Kru Ankara juga sudah menjalani pelatihan mengoperasikan sistem tersebut.
(esn)

%d blogger menyukai ini: