30 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Hal yang Wajib Diketahui Ketika Dapat Kenaikan Jabatan

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Oleh : Dusep Malik


© VIVA Ilustrasi pekerja kantoran

VIVA – Bukan rahasia umum kenaikan jabatan atau gaji bisa didapatkan dari hasil kerja keras dan kontribusi positif kepada perusahaan tempat Anda bekerja. Saat mendapatkan promosi jabatan, itu berarti Anda berhasil meyakinkan atasan bahwa Anda adalah aset yang berharga bagi mereka.

Bagi kebanyakan orang, memiliki pekerjaan dengan jabatan yang lebih tinggi akan terasa sangat memuaskan. Tak jarang semakin tinggi jabatan yang diraih, gaji yang diterima juga menjadi lebih tinggi.

Namun, hal ini seringkali menjadi penyebab bagi Anda menurunkan semangat dalam bekerja. Padahal, sudah sangat jelas beban pekerjaan dalam jabatan yang lebih tinggi juga semakin bertambah. Tanggung jawab yang ditangani juga semakin berat.

Kenaikan jumlah pendapatan karena promosi jabatan juga dapat membuat Anda terlena hingga cara pengelolaan keuangan menjadi tidak terkontrol. Jadi, lakukan hal wajib ini bila Anda telah mendapatkan promosi jabatan seperti dikutip dari Cermati.com, pada Sabtu 8 Juni 2019:

1. Percaya diri namun tidak sombong

Pemberian promosi jabatan membuktikan bahwa kualitas Anda bekerja layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Tentu hal itu harusnya membuat Anda menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

Tapi jangan sampai jabatan yang lebih tinggi menjadikan Anda memiliki sifat yang sombong, terlebih lagi pada rekan kerja di jabatan sebelumnya. Meski sudah naik jabatan, Anda tetap harus menjadi individu yang rendah hati dan tidak merendahkan rekan yang sekarang menjadi bawahan.

Anda masih perlu mempelajari banyak hal baru demi tanggung jawab yang dimiliki terlaksana dengan baik. Job description yang Anda punya tentu juga akan bertambah berat.

“Mantan” rekan seperjuangan pasti juga masih akan berhubungan dengan Anda untuk keperluan meningkatkan kinerja perusahaan. Jadi, cobalah untuk menjadi lebih percaya diri dalam bekerja dan tetap berhubungan baik dengan bawahan agar jenjang karier lebih lanjut bisa Anda dapatkan.

2. Tingkatkan dedikasi dalam bekerja

Mendapatkan promosi jabatan bukan berarti Anda setop melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Malahan, Anda harus bekerja lebih keras karena tanggung jawab yang juga jadi lebih banyak.

Anda juga harus bisa membuktikan kepada atasan bahwa keputusan memilih Anda untuk mengisi jabatan yang lebih tinggi tersebut tidak salah. Untuk dapat melakukan kedua hal tersebut, dedikasi Anda dalam bekerja harus lebih ditingkatkan.

Dalam jabatan tersebut, seringkali Anda harus mempelajari keterampilan baru untuk membantu menyelesaikan tugas. Memberikan bukti nyata pada peningkatan kualitas diri juga dapat menumbuhkan kesan positif bagi atasan.

Jadi, mendapatkan jabatan yang lebih tinggi bukan berarti Anda sudah boleh berhenti berusaha. Kenaikan jabatan malah membuat Anda harus berusaha lebih keras lagi guna menuntaskan kebutuhan kerja yang lebih berat.

3. Menghitung jumlah gaji yang diterima

Tingkat jabatan yang dimiliki seringkali berbanding lurus dengan jumlah gaji yang diterima. Saat bertanggung jawab dalam jabatan lebih tinggi, gaji yang diberikan kepada Anda tentu akan bertambah pula.

Hitung total pendapatan Anda secara menyeluruh. Jumlahkan penghasilan seperti dari gaji pokok, tunjangan, serta kemungkinan bonus yang bisa diterima.

Kenaikan jumlah pemasukan seperti ini biasanya akan membuat Anda menjadi lebih semangat dalam bekerja. Tapi usahakan untuk tetap mengelola keuangan dengan bijaksana agar tidak menyesal saat melakukan pengeluaran yang berlebihan.

Dengan penghasilan yang lebih banyak, Anda dapat mencoba untuk menabung atau berinvestasi dengan lebih serius agar masa depan lebih terjaga.

4. Rencanakan ulang anggaran pengeluaran

Karena biasanya gaji yang diterima menjadi lebih tinggi karena kenaikan jabatan, hal yang perlu dilakukan adalah mengatur ulang anggaran bulanan Anda.

Anda dapat merombak total anggaran tersebut atau hanya menambahkan beberapa keperluan penting saja. Saat merencanakan ulang anggaran, tanamkan dalam pikiran Anda bahwa tidak ada alasan untuk menjadi semakin boros.

Penghasilan yang lebih tinggi bukan berarti pengeluaran juga harus ditambah untuk keperluan yang tidak berguna. Jika merasa sisa pendapatan terlalu banyak, Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan aset ataupun membuka sendiri usaha yang diinginkan.

Atau jika ingin lebih simpel dan menghasilkan, Anda dapat memulai untuk berinvestasi guna menjaga kondisi keuangan di masa depan.

5. Menambah setoran tabungan pensiun

Memiliki gaji yang lebih tinggi pasti akan memunculkan ide dalam benak Anda untuk membeli barang baru. Ide untuk meng-upgrade gawai atau bahkan merenovasi rumah mungkin akan terlintas dalam pikiran.

Memang tidak ada salahnya untuk mengabulkan keinginan tersebut karena usaha kerja Anda dalam bekerja. Namun, jangan lupakan pula keadaan Anda saat masa pensiun tiba.

Pastikan dana simpanan Anda untuk masa tua tercukupi. Tabungan pensiun pasti Anda perlukan untuk mempersiapkan hari tua saat sudah tidak bisa bekerja. Meski pekerjaan di hari sekarang terlalu menyibukkan, tetap ingat tentang kondisi saat Anda telah berusia senja.

%d blogger menyukai ini: