28 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Pasangan AS Tamrin-Moaniase Diprediksi 10 Januari Deklarasi

Baubau-Timurmerdeka. Pasangan Bakal Calon (Balon) Walikota Baubau Dr AS Tahmrin SH MSi dan Wakil Wali Kota Baubau Ir La Ode Abdul Monianse MSi, disebut-sebut banyak pihak akan deklarasi pada tanggal 10 Januari 2018 mendatang. Karena itu semua simpatisan dan tim AS Tamrin-Monianse untuk dapat menghadirinya. Demikian dikatakan Wakil Ketua DPD PAN Kota Baubau H Zaeru, kepada media ini via ponselnya belum lama ini.

Menurut Zaeru sapaan akrab Wakil Ketua DPD PAN Kota Baubau, Deklarasi kedua pasangan ini tentu saja akan menjadi titik awalnya sosialisasi di tengah masyarakat Kota Baubau. Karena itu, diharapkan tanpa ada penundaan lagi. Karena pasangan ini sudah jelas memiliki rekomendasi dari masing-masing Ketua Umjum partai, baik PAN maupun PDI-Perjuangan Jakarta.

“Kedua pasangan AS Tamrin-Monianse, sudah mengantongi SK dari Zulkifli Hasan (Ketum PAN) dan Megawati Soekarno Putri (Ketum PDI-Perjuangan). Dan deklarasi kedepan itu merupakan titik awal pergerakkan politik guna meraih suara di Kota Baubau”, ujarnya.

Zaeru juga menjelaskan, kehadiran pasangan, As Tamrin-Monianse,  dapat dikategorikan penggabungan dua tokoh, AS Tamrin merupakan tokoh sentral etnis Wolio atau biasa disebut “Miana Baaluwu (Keraton Buton)”, sementara Monianse adalah tokoh sentral Wangiwangi, atau turunan Lakina Liya La Ode Taru(Miana Keraton Liya Wakatobi).

“AS Tamrin adalah tokoh masyarakat di Kraton Wolio, sementara Monianse Tokoh Sentral Kraton Liya. Artinya kedua tokoh ini merupakan pengabungan dua tokoh besar”, ujarnya.

Hitungan dalam kalkulasi politik tambah Zaeru, penduduk yang bermukim di Kota Baubau,dapat dibilang  terdiri dari 40 persen Etnis Wolio, 32 Persen Etnis Wakatobi, sisanya adalah gabungan berbagai etnis.  Sehingga bilamana kedua etnis ini, sepakat… selesailah urusan permainan politik di Kota Baubau.

“Etnis Wolio 40 persen dan etnis Wakatobi 32 Persen, selesailah permainan politik di Baubau. Artinya, bilamana kedua etnis menyatu, maka mudah saja dipastikan, bahwa pasangan ini, akan memenangkan Pilkada Wali Kota Baubau”, paparnya.

Senada dengan itu, Tokoh Masyarakat Wakatobi La Ode Usman Baga BA SE, dengan adanya pasangan AS Tamrin-Monianse, dalam kalkulasi politiknya pasangan ini merupakan pasangan yang paling tangguh. Sehingga bisa dipastikan mayoritas suara di seluruh TPS Kota Baubau akan dimenangkannya.

“Saya memprediksinya, pasangan AS Tamrin-Moniase, adalah pasangan yang paling tanguh, dari semua balon Wali Kota Baubau. Harapannya pada deklarasi mendatang saya bisa hadir”, ungkapnya.

Menyinggung deklarasi, pasangan Tamrin-Monianse, politisi PDI-Perjuangan Provinsi Sultra Fery Dhany Maleppe menyebutkan, deklarasi pasangan AS Tamrin-Monianse, juga akan dihadiri Ketua DPW PDI-Pejuangan Provinsi Sultra Ir Hugua, Wakil Ketua Drs Agus Sana’a, dan sejumlah pengurus PDI-Perjuangan pusat.

“Deklarasi AS Tamrin itu, akan dihadiri banyak pengurus PDI-Perjuangan, Provinsi maupun pengurus DPP PDI-Perjuangan pusat Jakarta”, ujarnya.

Melihat penggabungan Partai PAN dan PDI-Perjuangan di Pilkada Wali Kota Baubau ini, selain merupan penggabungan dua etnis juga dipastikan akan memiliki suara mayoritas. Karena kedua balon ini, merupakan figure yang satun, cerdas, dan juga tanpa memiliki cacat hukum, ungkapnya. (Gin).

%d blogger menyukai ini: