25 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Perumahan Pegawai Diperlukan di Busel

Batauga-Timurmerdeka.com. Pemerintah Buton Selatan (Busel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), semestinya memikirkan perumahan bagi kalangan pegawai. Pasalnya. Banyak pegawai Busel yang bermukim di luar Busel. Selain mubajir secara ekonomi, juga perjalanan pulang pergi memiliki resiko besar. Apalagi dimusim hujan seperti ini. Demikian dikatakan salah seorang aktivis masyarakat Batauga La Ode Nudi kepada media ini Sabtu (31/12-2017).

Menurutnya, perumahan kalangan pegawai tersebut, memudahkan rentan kendali pemerintahan, perputaran ekonomi, terkontrol di busel. Karena seluruh pegawai belanja bukan lagi didaerah lain, melainkan di Busel. Bukankah perjuangan pemekaran itu, bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat Busel.

“Perjuangan pemekaran Kabupaten Busel, adalah meningkatnya perputaran ekonomi. Namun, kalau seluruh pegawai harus terus-menerus ke Baubau pulang-pergi, masyarakat apa yang didapatnya. Hal ini, saya katakan sudah berulang kali, kepada 3 pejabat Bupati Busel yang sudah menjadi Yaro (Mantan)”, tuturnya.

La Ode Nudi menghimbau, keresahan masyarakat tentang minimnya perputaran ekonomi di Batauga, sangat berbedah dengan Buton Tengah, diseluruh pasarnya gairah perputaran ekonomi cukup tinggi. Namun sebaliknya dijantung Kota Batauga, ramai pada jam kantor saja, setelah itu, “sepih”… bagaikan daerah mati ekonominya.

“Saya menghimbau, agar segera dipikirkan minimnya perputaran ekonomi diBusel. Perjuangan masyarakat untuk mekarkan daerah, bukanlah mudah melainkan melewati darah, dan beberapa orang terpaksa mendekam dalam penjara, demi mekarnya daerah Busel”, ungkap La Ode Nudi.

Ketika media ini menghubungi salah seorang pejabat di Pemkab Busel Drs Tanibu, menyebutkan, apa yang telah dikatakan aktivis itu benar adanya. Namun perlu diingat, Pemerintah Busel selama beberapa kali pergantian pejabat Bupati, telah melakukan upaya, tetapi terkendala waktu. Di Era kepimpinan Agus Feisal Hidayat-H Arusani ini, hal tersbut, sudah menjadi prioritasnya.

“Mengenai perumahan Bupati sudah membahas dalam rapat, termasuk ketika menyusun rencana strategi pembangunan (RT-RW) Busel, baik lima tahun, jangka menengah, dan jangka panjangnya sudah akan tersalur di 2018 mendatang”, katanya.

Tanibu menghimbau masyarakat Busel, khususnya di Kota Batauga, agar dapat memberikan kesempatan dan kepercayaannya pada Bupati dan Wakil Bupati. Karena program itu, termasuk strategi penjaringan ekonomi, telah menjadi pembahasan utama dalam setiap rapat. (Gin/Nur).

%d blogger menyukai ini: