29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Intip 4 Manfaat Puasa, dari Kekebalan Tubuh hingga Jantung Sehat

Berita ini diberdayakan untuk tempo.co

Reporter: Sarah Ervina Dara Siyahailatua
Editor: Mila Novita


Ilustrasi tes gula darah penderita diabetes (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta – Puasa memiliki segudang manfaat. Tak hanya secara rohani berupa ibadah yang memperoleh pahala, puasa rupanya juga baik untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja? Melansir dari Health Line dan Daily Mail, berikut adalah empat diantaranya.

Baca: Intip Adaptasi Mulut Dan Saluran Cerna Saat Sedang Puasa

1. Sistem kekebalan tubuh semakin kuat

Sebuah studi yang dilakukan di University of Southern California, Amerika Serikat pada 2014 menunjukkan bahwa berpuasa dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Valter Longo, salah satu peneliti, menjelaskan bahwa ketika tubuh kelaparan, sistem akan mencoba untuk menghemat energi. Salah satu caranya adalah dengan mendaur ulang banyak sel-sel kekebalan tubuh yang tidak dipakai atau rusak.

Tubuh kemudian akan mengirimkan sinyal untuk memberitahu sel induk untuk beregenerasi dan membangun kembali seluruh sistem kekebalan menjadi baru. Jika sistem kekebalan sudah “baru”, maka tubuh akan semakin kuat.

2. Meningkatkan kontrol gula darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah. Secara khusus, ini sangat baik bagi mereka yang berisiko atau bahkan telah menderita diabetes.

Faktanya, satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah. Sementara itu, penelitian lain menemukan bahwa puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin.

Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin. Sehingga, memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah Anda ke sel-sel Anda lebih efisien. Ditambah dengan efek penurun gula darah potensial puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah Anda stabil, mencegah lonjakan dan menabrak kadar gula darah Anda.

3. Menangkal peradangan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa peradangan merupakan hal yang serius dan perlu segera ditangani. Sebab, ia dapat terlibat dalam perkembangan kondisi kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis.

Meski demikian, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa puasa dapat secara ampuh menangkalnya. Berdasarkan satu penelitian pada 50 orang dewasa yang sehat, disimpulkan bahwa puasa selama 12 jam sehari dalam kurun waktu satu bulan, secara signifikan menurunkan tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan.

4. Menyehatkan jantung

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, atau setara dengan 31,5 persen kematian secara global. Rupanya, salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko ini ialah dengan mengubah pola makan dan gaya hidup Anda.

Baca: Awas, Kalap Saat Buka Puasa Bisa Buat Perut Kembung

Beberapa penelitian pun telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas Anda mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Sebab, dengan pola makan yang benar, puasa dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | HEALTHLINE | DAILYMAIL

%d blogger menyukai ini: