25 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Sidang Isbat Tetapkan 1 Ramadan Jatuh Pada 6 Mei 2019

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Oleh : Endah Lismartini, Eka Permadi

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin mengumumkan 1 Ramadan jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Menag membacakan hasil keputusan Sidang Isbat tentang penetapan awal Ramadan tersebut pada Minggu, 5 Mei 2019, sekitar pukul 19.05 WIB.


© VIVA Pantau hilal/Ilustrasi.

Menag menyampaikan bahwa peserta sidang Isbat yang dipimpin oleh KH Abdullah Zaini dari MUI dan Ali Taher dari Komisi VII DPR RI, secara mufakat menetapkan tanggal 6 Mei 2019 sebagai 1 Ramadan. “Keputusan diambil setelah mendapatkan laporan soal posisi hilal, dan dari kesaksian sembilan petugas rukyah yang berjaga untuk menyaksikan hilal,” ujar Menag.

Menag menjelaskan, ada petugas rukyah yang ditempatkan di 112 titik di seluruh Indonesia. Dan 9 petugas yang berada di Gresik, Bangkalan, Lamongan, Makasar, Sulsel, Brebes dan Sukabumi menyampaikan kesaksian dibawah sumpah. “Berdasar posisi hilal dan kesaksian sembilan petugas, seluruh peserta sidang Ssbat bermufakat menetapkan 1 ramadan jatuh pada 6 mei 2019,” ujar Menag.

Sidang Isbat adalah tradisi yang sudah puluhan tahun dilakukan oleh Kemenag sebagai perwujudan dari fatwa MUI ttg penetapan 1 Ramadan, 1 Syawal, dan 1 Zuhijjah. Penetapan dilakukan dengan dua metode, yaitu hisab dan rukyah. Menag memastikan bahwaa metode ini bukan dua metode yang saling dibenturkan, tapi saling melengkapi satu sama lain, dan kedua metode ini sama penting.

%d blogger menyukai ini: