22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Jelang Dinobatkan, Raja Thailand Umumkan Permaisurinya

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com


© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media Raja Thailand Maha Vajiralongkorn bersama dengan permaisurinya, Suthida Vajiralongkorn yang merupakan seorang jenderal angkatan darat. Facebook via SCMP

Thailand mengumumkan permaisuri Raja Maha Vajiralongkorn jelang upacara penobatannya yang bakal berlangsung tiga hari lagi.

Berdasarkan Royal Gazette yang dipublikasikan seperti dikutip AFP Rabu (1/5/2019), nama permaisuri yang baru adalah Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya.

Suthida adalah perempuan berusia 40 tahun yang merupakan perwira tinggi berpangkat Jenderal di unit khusus Pasukan Penjaga Raja. Dia juga pernah menjadi pramugari maskapai Thai Airways.

Pengumuman itu menyatakan Raja Vajiralongkorn telah menikah dengan Suthida pada Rabu waktu setempat secara legal dan sesuai dengan tradisi kerajaan.

“Karena itu, beliau menganugerahkan gelar kerajaan menjadi Ratu Suthida mulai saat ini,” demikian pemberitahuan yang dikeluarkan dari Royal Gazette.

Upacara itu dilaporkan berlangsung di Istana Dusit Bangkok. Raja Vajiralongkorn mengenakan seragam berwarna putih, dengan Ratu Suthida memakai pakaian traidisional Thailand.

Ratu Suthida pertama kali mendapat gelar kerajaan pada 2012 ketika bertugas di Resimen Penjaga Putra Mahkota dengan pangkat Letnan Kolonel, seperti dilansir SCMP.

Saat itu dalam keterangan Kantor Perdana Menteri, penghargaan itu diberikan setelah Suthida menunjukkan loyalitas, kejujuran, dan tanggung jawab menjaga Vajiralongkorn.

Enam penghargaan kemudian diberikan kepada Suthida setahun berselang untuk meningkatkan pangkatnya. Pada akhir 2013, dia sudah menjadi Mayor Jenderal.

Kemudian Agustus 2016, dia mendapatkan pangkat Letnan Jenderal sebelum memperoleh bintang empat sebagai Jenderal Angkatan Darat beberapa bulan kemudian.

Adapun Raja Vajiralongkorn sebelumnya sudah mempunyai tiga istri dengan istri terakhirnya adalah Putri Srirasmi sebelum bercerai pada 2014 setelah 13 tahun menikah.

Raja Vajiralongkorn bakal dinobatkan sebagai pemimpin ke-10 Dinasti Chakri dalam upacara selama tiga hari yang berlangsung Sabtu nanti (4/5/2019).

Penguasa berusia 66 tahun itu naik takhta setelah sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, wafat pada 2016. Sekitar 200.000 orang bakal menghadiri upacara penobatannya.

Editor: Ardi Priyatno Utomo

Sumber: South China Morning Post

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: