26 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Agus Feisal Hidayat: Pemkab Busel Utamakan Kualitas SDM Pegawai

Batauga-Timurmerdeka.com. Bupati Kabupaten Buton Selatan (Busel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berjanji akan mengutamakan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup pemerintahannya. Hal ini dikatakan Bupati Busel Agus Feisal Hidayat, disela-sela kesibukkan kerjanya di Batauga baru-baru ini.

Menurut Agus sapaan akrab Bupati Busel, SDM di Pemda Busel, terutama pada Aparatur Sipil Negara (ASN) ditahun 2018 mendatang, akan diberikan pelatihan khusus, sehingga ASN Busel memiliki kualitas yang maksimal.

Ia juga menjelaskan untuk dalam mengembangkan SDM pada tenaga ASN di Busel pihaknya akan melakukan pelatihan khusus dan pendidiknya akan dihadirkannya dari Jakarta. Artinya seluruh PNS dilingkup Pemda Busel akan memudahkan kinerjanya masing-masing SKPD. Adapun rencana seluruh PNS diberikan pelatihan khusus itu, sesuai rencana akan dilakukan pada awal tahun 2018 mendatang. Namun sejauh ini akan diawali dengan mengadakan perangkat lunak berupa komputerisasi.

“Ditahun 2018 mendatang, saya akan mendorong seluruh PNS, dengan mengikuti Diklat khusus atau komputerisasi, dimana program itu memiliki standar digitalisasi yang mapan. Sehingga SDM dimasing-masing SKPD mumpuni dalam menjalankan fungsi tugasnya, dan mampu bersaing dengan daerah yang sudah maju”, ujarnya.

Agus mewacanakan, dengan adanya system digitalisasi tersebut, dalam mengontrol kalangan PNS terutama kehadirannya, dengan menggunakan digitalisasi atau system elektronik. Sehingga semua PNS mudah dikontrol terutama kehadirannya pada saat jam kerja dikantornya masing-masing.

“Semua kegiatan PNS di perkantoran Busel ini, tidak akan ada lagi yang manual, melainkan semua perkantoran terutama daftar hadirnya, adalah system digitalisasi. Hal ini saya harapkan tidak ada lagi yang bisa memanipulasi, terutama kehadiran para pegawai di kantornya”, ujarnya.

Agus mengingatkan, sebagai kepala pemerintahan di Busel, selain akan terus mendorong PNS, juga system digitalisasi tersebut jangan dianggap “Tabu”. Bukankah kemajuan zaman diabad ini semua lini telah berangsur-angsur menggunakan system digital…?.

Sebagai conoth tambah Agus. Untuk mengontrol kehadiran PNS saja, itu sangat mudah. Demikian pula dengan system pelaporan kinerja program, masing-masing SKPD, dapat mudah kita melihatnya. Hal ini selain memudahkan mengontrol, juga memudahkan rentang kendali pemerintahan di daerah ini.

“Dengan adanya system digitalisasi tersebut, saya berharap semua pegawai dapat terukur, juga sangat mudah dikontrol terurama system pelaporannya”, ungkapnya. (Nud/Gin).

%d blogger menyukai ini: