30 November 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Amnesty International Siap Bawa Kasus Novel Baswedan ke Kongres Parlemen AS

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com


© Disediakan oleh PT. Tribun Digital Online Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan melambaikan tangan saat menghadiri acara penyambutan dirinya kembali aktif bekerja di pelataran Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7/2018). Kegiatan itu sekaligus diselenggarakan untuk memperingati 16 bulan kasus penyerangan Novel Baswedan yang belum menunjukkan titik terang. ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO

Organisasi hak asasi manusia Amnesty International siap membawa isu tentang penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke ranah internasional.

Salah satunya, isu tersebut akan disampaikan dalam kongres parlemen di Amerika Serikat.

“Kami punya akses terhadap para pengambil kebijakan di Amerika Serikat, melalui jalur kongres parlemen mengenai apa yang terjadi dalam kasus yang dihadapi oleh KPK dan Novel Baswedan di Indonesia,” ujar Manajer Kampanye Amnesty International Indonesia Puri Kencana Putri di Gedung KPK Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Menurut Putri, Amnesty International, sebagai organisasi HAM internasional, berkomitmen untuk mendorong upaya penegakan hukum dan antikorupsi di Indonesia selaras dengan komitmen standar internasional.

Putri mengatakan, kedatangan perwakilan Amnesty International dari AS ke KPK adalah salah satu upaya untuk mendorong penyelidikan independen terhadap kasus yang dialami Novel.

Secara khusus, Amnesty International mendorong agar presiden yang terpilih selama 5 tahun mendatang memiliki komitmen kuat dalam menuntaskan kasus Novel.

Pengungkapan kasus tersebut dinilai bagian penting dalam memberikan perlindungan hukum dan HAM terhadap penegak hukum di bidang antikorupsi.

Penulis: Abba Gabrillin

Editor: Diamanty Meiliana

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: