27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Pasang AS Tamrin-Moaniase Dalam Waktu Dekat Deklarasi

Baubau-Timurmerdeka.com, Kehadiran pasangan Bakal Calon (Balon) Walikota Baubau Periode 2018-2023, Dr AS Tahmrin SH MSi dan Wakil Wali Kota Baubau Ir La Ode Abdul Monianse MSi, oleh banyak pihak menyebutkan, memiliki kekuatan besar. Kedua figure ini, merupakan perwakilan etnis Wolio dan Wakatobi. Demikian dikatakan tokoh masyarakat Buton LM Yamin Oehoedoe kepada media ini di Baubau, Selasa (18/12/2017).

Menurut Yamin sapaan akrab tokoh masyarakat Buton itu, As Tamrin merupakan tokoh sentral etnis Wolio atau biasa disebut “Miana Baaluwu (Keraton Buton)”, sementara Monianse adalah turunan Lakina Liya (Miana Keraton Liya Wakatobi).

Hitungannya, dalam kalkulasi politik, melihat dari penduduk yang telah bermukim di Kota Baubau, 40 persen Etnis Wolio, 32 Persen Etnis Wakatobi, sementara sisanya gabungan berbagai etnis.  Sehingga bilamana gabung kedua etnis ini, selesailah… permainan politik di Kota Baubau.

“Penggabungan etnis Wolio 40 persen dan etnis Wakatobi 32 Persen, maka selesailah permainan politik di Baubau. Artinya, kedua etnis yang dipastikan akan memenangkan Pilkada Wali Kota Baubau pasangan Tamrin – Monianse”, tuturnya.

Senada dengan itu, Tokoh Masyarakat Wakatobi La Ode Usman Baga BA SE, Ia memprediksi pasangan AS Tamrin-Monianse, akan menang karena memiliki kekuatan besar. Hal inilah, Ia berani bertarung dan diyakini, akan memenangkan mayoritas suara di seluruh TPS Kota Baubau.

Pada kesempatan terpisah salah seorang Pengurus DPC PDI-Perjuangan Kota Baubau, Wa Ode Nurhayati SSos, juga menyebutkan pasangan AS Tamrin-Monianse, memiliki basis masa yang besar. Selain santun dalam bersosialisasi di lapangan, juga enggan mengganggu Balon lainnya.

“Saya minta pendukung AS Tamrin-Moniase,tidak mengganggu balon Wali Kota pasangan lainnya. Dengan banyaknya desakan, tetang deklarasi kapan di adakan, meskipun tanpa undangan disebar akan membludak masa yang datang”, ujarnya.

Menyinggung waktu deklarasi, pasangan Tamrin-Monianse, politisi PDI-Perjuangan ini, menyebutkan, bilamana tidak ada aral melintang, deklarasi akan diadakan pada 25 Desember mendatang, dan tempat dan lokasinya, belum ditentukan. Karena sedang didiskusikan. Sementara perkiraan masa yang akan hadiri, kurang lebih 5000 sampai dengan 6000-an orang.

“Saya pernah dikabarakan dari kedua pasangan AS Tamrin-Monianse, bahwa deklarasi, akan dilaksanakan pada 25 Desember bilamana tidak ada aral melintang. Sejauh ini, belum disebutkan dimana lokasinya”, ujar Nurhayati.

Melihat penggabungan Partai PAN dan PDI-Perjuangan, dan juga kedua etnis dipastikkan akan memiliki masa yang banyak. Namun belakangan ini, kedua pasangan atau koalisi PAN dan PDI-Perjuangan meskipun sudah melampauhi kuota menjadi Calon Wali Kota-wakilnya, namun masih ada ruang untuk koalisi dari partai lainnya, katanya. (Gin).

%d blogger menyukai ini: