29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Rahasia Pernikahan Langgeng dan Bahagia, ini 10 Kebiasaan yang Wajib Kamu Lakukan

Berita ini diberdayakan untuk grid.id

Oleh : None


© Disediakan oleh PT Prima Infosarana Media Rahasia Pernikahan Langgeng dan Bahagia, ini 10 Kebiasaan yang Wajib Kamu Lakukan!’ (Pexels/Pixabay)

Siapapun pasti menginginkan pernikahan yang langgeng bahkan kalau bisa hanya sekali seumur hidup atau dipisahkan maut. Namun, tak bisa dipungkiri bila membina rumah tangga dalam waktu yang lama bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Bahkan banyak yang gegabah mengambil keputusan untuk mengakhiri pernikahan dengan bercerai. Dilansir dari Trendrr, statistik perceraian pada 2017 lalu termasuk tinggi.

Dari data tersebut, dapat kita ketahui bahwa umumnya mereka yang tinggal di Eropa bercerai karena berbedanya prinsip. Sebenarnya, permasalahan rumah tangga seperti itu bisa diatasi tanpa perceraian.

Para psikologi menyarankan 10 cara untuk membuat pernikahan kita bertahan lama dan terhindar dari kata cerai. Melansir BrightSide, berikut adalah kesepuluh caranya.

1. Saling Menghargai


© Disediakan oleh PT Prima Infosarana Media Tips rumah tangga langgeng dan bahagia’ (Unsplash/Candice Picard)

Respek adalah pilar utama dalam pernikahan yang bahagia. Meskipun kita kesal dengan pasangan, jangan sampai kita mengatakan sesuatu yang akan menyinggung mereka. Itu adalah bentuk dari respek.

Ingat, bila kita sudah menghargai pasangan maka kita tidak akan merasa tertekan, begitu pula sebaliknya.

2. Jangan membandingkan pasangan dengan orang lain

Jangan membandingkan pasangan kita dengan pasangan orang lain, apalagi seseorang yang ada di media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Hal tersebut berlaku dalam pikiran ataupun perkataan. Ketahuilah, jika kita sudah mulai membandingkan sesuatu, di situlah kebahagiaan kita mulai berkurang.

3. Jagalah kesehatan dan kondisi tubuh


© Disediakan oleh PT Prima Infosarana Media Tips pernikahan langgeng dan bahagia’ (instagram.com/bu_deedee)

Tubuh yang bagus adalah dambaan bagi para perempuan dan suaminya. Benar, bukan? Oleh karena itu, selalu rawat diri kita sebab pernikahan yang harmonis tak lepas dari kehidupan seksual.

Jika kita rutin melakukan workout maka bentuk tubuh dan kesehatan kita akan terjaga.

4. Suami dahulu, baru anak-anak

Bagi kita yang sudah memiliki anak, tidak jarang kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan mereka.

Beberapa dari kita bahkan melupakan kewajiban untuk menuruti dan melayani pasangan, padahal suami dan istri adalah pusat dari sebuah keluarga. Jadi, prioritaskan kebutuhan pasangan sebelum anak-anak.

Karena suatu saat, mereka akan memiliki keluarga sendiri. Itu artinya, di dalam rumah hanya akan tersisa kita dan pasangan. Jika hubungan kita dengan pasangan tidak baik, bagaimana kita akan menghabiskan sisa hidup dengannya?

5. Saling memaafkan

Jika pasangan berbuat salah, memberi maaf adalah hal paling utama. Begitu pula ketika kita yang berbuat salah, kita harus meminta maaf pada pasangan. Dengan begitu, tidak akan ada dendam yang terpendam.

Bila kita tak bisa saling memaafkan dengan pasangan, suatu saat pernikahan kita yang akan jadi taruhannya.

6. Jangan mencoba untuk mengubah pasangan

Salah jika kita menganggap dapat mengubah pasangan kita. Masing-masing orang memiliki kebiasaan, hobi, dan pandangan yang berbeda. Jangan selalu memaksa pasangan kita untuk menjadi seperti yang kita inginkan.

Namun, cobalah untuk menciptakan kebiasaan dalam keluarga yang dapat menyenangkan kita, pasangan, dan anak-anak.

7. Hindari berkata “cerai”

Selalu tahan diri kita agar tidak berkata “cerai”. Kata cerai biasanya diucapkan ketika kita sedang marah dan tak mudah dilupakan oleh pasangan kita.

Walaupun sudah berbaikan, kata tersebut tetap berisiko menimbulkan kemungkinan cerai di masa depan. Jadi, jagalah mulut kita supaya tidak mengatakan kata tersebut kepada pasangan.

8. Selalu kontrol emosi


© Disediakan oleh PT Prima Infosarana Media Tips pernikahan langgeng dan bahagia’ (instagram.com/nanamirdad)

Hentikan diri kita bila muncul keinginan untuk mengejek pasangan. Jika kita merasa tidak bisa mengontrol diri, tariklah napas yang dalam dan pergilah keluar untuk cari udara segar.

Jangan sampai kemarahan kita berujung bencana dalam pernikahan.

9. Jangan menjelek-jelekkan pasangan

Jika kita suka bercerita mengenai kehidupan pernikahan pada ibu ataupun teman baik, maka hindarilah untuk membicarakan kejelekkan pasangan.

Karena setelah pertengkaran, kita akan melupakan segalanya dan memaafkan kesalah pasangan, tetapi ibu dan teman baik kita tidak.

Kesan buruk pasangan kita akan terus menempel di kepala mereka.

10. Pelajari bahasa cinta pasangan

Setiap orang memiliki cara untuk menunjukkan kasih sayang. Cara kita menunjukkan rasa cinta kita mungkin berbeda dengan pasangan kita.

Namun, perbedaan tersebut tidak perlu dipermasalahkan. Belajarlah untuk mengerti bagaimana pasangan kita menunjukkan rasa cintanya dan cobalah untuk menerapkan cara itu kepada mereka. Dengan begitu, pernikahan kita akan semakin harmonis. (*)

Editor: None

Copyright Rahasia Pernikahan Langgeng dan Bahagia, ini 10 Kebiasaan yang Wajib Kamu Lakukan

%d blogger menyukai ini: