29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Smartphone 5G Pertama di Dunia Resmi Dirilis di Korea Selatan

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh : Jofie Yordan

Samsung resmi meluncurkan smartphone Galaxy S10 5G di Korea Selatan pada Jumat (5/4). Model baru Galaxy S10 ini menjadi smartphone pertama di dunia yang mendukung teknologi jaringan generasi kelima tersebut.

Sebelumnya, Korea Selatan menjadi negara pertama yang meluncurkan layanan 5G secara komersial pada Rabu (3/4). Menurut laporan Channel News Asia, dengan jaringan 5G, pengguna bisa men-download sebuah film dalam hanya hitungan detik.

Tiga operator seluler Korea Selatan, SK Telecom, KT, dan LG Uplus, mengadakan acara peluncuran di Seoul untuk Galaxy S10 5G. Perangkat ini dijual 1,39 juta won atau sekitar Rp 17 juta.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Penjualan perdana Samsung Galaxy S10 di Jakarta. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Dalam acara tersebut, ditampilkan sejumlah teknologi virtual reality interaktif dan demonstrasi robot untuk menunjukkan kecepatan internet dari 5G. Banyak pengguna yang ingin menjajal jaringan tersebut.

“Saya sering menonton banyak video, film dan pendidikan. Saya harap kecepatan internet yang lebih kencang bisa membantu saya mengatur waktu dengan lebih baik,” ujar salah satu pembeli Galaxy S10 5G, Shim Ji-hye, dilansir Channel News Asia.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Pesaing Samsung yang juga berasal dari Korea Selatan, LG, juga berencana untuk meluncurkan smartphone 5G bernama V50 ThinQ di Korea Selatan pada April ini.

Mengkomersialkan 5G membuat Korea Selatan memiliki kesempatan besar untuk membangun infrastruktur teknologinya. Hal ini penting dilakukan untuk pengembangan perangkat masa depan seperti kendaraan otonom dan Internet of Things (IoT).

5G diperkirakan bakal mendorong 565 miliar dolar AS untuk ekonomi global pada 2034, menurut Global System for Mobile Communications.

%d blogger menyukai ini: