20 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Artikel ini diberdayakan untuk artificialintelligenceindonesia.com

Oleh: Ricky Suwarno – 19 Maret 2019

Di era digital, nilai data merupakan salah satu tujuan penting dari teknologi big data. Bahkan ada yang mengatakan bahwa di abad 21, big data adalah minyak di masa depan. Yang sangat berguna bagi sektor artificial intelligence. Atau kecerdasan buatan. Semakin banyak data yang diperoleh, semakin berguna bagi penggunaan AI. Semakin AI mengerti manusia. Dan melayani segala kebutuhan konsumen.

Dapat dikatakan bahwa nilai operasi data membuat big data membangun ekologi aplikasi yang sangat besar. Untuk memahami bagaimana membuat data menghasilkan nilai. Atau berharga. Pertama-tama, kita harus memahami arti spesifik dari nilai data.

Sederhananya, nilai data perlu direfleksikan oleh aplikasi data. Dan aplikasi data terutama tercermin dalam pengambilan keputusan. Ini adalah nilai big data saat ini.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi nilai data. Beberapa data memiliki kepadatan nilai yang tinggi. Misalnya, data dalam sistem informasi tradisional seperti sistem ERP. Yang memiliki kerapatan nilai yang lebih tinggi. Dan banyak data yang tidak terstruktur misalnya, pengawasan atau monitor lewat video cctv.

Kepadatan nilai video relatif rendah. Dan saat ini, data yang tidak terstruktur menyumbang sebagian besar. Atau kontribusi di sektor ini hampir lebih dari 90%.

Selain itu, nilai yang sering disajikan oleh data tunggal sangatlah terbatas. Kerapatan nilai akan meningkat, ketika dimensi data juga terus meningkat. Dan untuk memperoleh nilai data dimensi tingg, perlu diwujudkan melalui analisis data profesional.

Analisis data, merupakan cara penting dari nilai data saat ini. Ada dua jenis utama metode analisis data. Mode statistik, dan pembelajaran mesin.

Analisis data, adalah menemukan hukum di balik banyaknya data yang tidak teratur. Sehingga memberikan dukungan untuk pengambilan keputusan bagi manusia. Atau sistem. Yang nantinya, mencerminkan nilai data itu sendiri. Saat ini, skenario analisis data merupakan salah satu aplikasi utama dari analisis data besar.

Dengan diversifikasi teknologi analisis data, dan peningkatan kemampuan analisis data secara bertahap. Nilai yang dihasilkan oleh data itu sendiri akan secara bertahap meningkat. Sehingga siapa pun yang memegang data di masa depan, akan bisa menangkap peluang besar untuk pengembangan bisnis.

Selain itu, di masa depan, apakah produk kecerdasan buatan dapat diterapkan, dasar yang penting adalah apakah ada cukup data yang benar-benar berharga untuk memberikan dukungan keputusan bagi AI. Itulah sebabnya, peran data sangatlah penting di era kecerdasan buatan masa depan.

Just like grandma says, saya akan selalu memfokuskan penelitian dan perkembangan Big Data, atau data besar dan kecerdasan buatan. Saya akan menulis artikel perkembangan terbaru dua negara superpower tentang teknologi internet. Dengan harapan supaya bisa menjadi arah, bagi telenta di tanah air dalam memperdalami AI.

%d blogger menyukai ini: