29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

5 Skandal yang Pernah Melibatkan Artis YG Entertainment

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh : Masajeng Rahmiasri

YG Entertainment dikenal sebagai perusahaan yang banyak mencetak artis populer dan berbakat. Seperti BIGBANG, 2NE1, Winner, iKON, dan Blackpink.

Sayang, perusahaan ini tidak lepas dari masalah. Sebulan terakhir, perusahaan ini ramai dibicarakan fans K-Pop domestik maupun internasional. Sebab, salah satu artisnya, Seungri, sedang terlibat dalam kasus dugaan suap berupa jasa layanan seksual bagi investor asing.

Selain kasus Seungri, masih ada beberapa skandal yang pernah menimpa artis YG Entertainment. Selengkapnya, seperti kami rangkum dalam story berikut.

1. Kasus ganja G-Dragon


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network G-Dragon saat di red carpet pada 2012. Foto: Getty Images

G-Dragon dikenal sebagai seorang bintang papan atas, dengan sederet prestasi yang tak perlu diragukan lagi. Namun, ia juga dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Ia telah memiliki sederet skandal yang menjadi perhatian publik, mulai dari kasus ganja, hubungan percintaan, hingga kasus wajib militer.

Pada 2011, G-Dragon diketahui pernah mengisap ganja setelah manggung di Jepang. Ia mengatakan tidak tahu bahwa apa yang diisapnya itu ganja, karena belum pernah mengonsumsi barang tersebut. Menurutnya, ia hanya menerimanya saat seseorang datang dan memberikan rokok itu kepadanya. Ia tidak menolak karena merasa akan bertindak tidak sopan.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

“Aku sedang dalam pengaruh alkohol dan aku merasa rokok itu sangat kuat. Aku tidak pernah mencium baunya sebelumnya, jadi aku tidak bisa membedakannya. Itu seperti rokok yang biasa aku isap,” tuturnya dalam acara televisi, x27;Healing Campx27;.

2. Kasus militer G-Dragon


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network G-Dragon Militer Foto: Facebook @gdragon

G-Dragon juga sempat mendapat sorotan publik karena masa wajib militernya. Pada 2018, media gosip Korea, Dispatch melaporkan, G-Dragon dianggap mendapat perlakuan khusus saat dirawat di rumah sakit militer di kawasan Yangju, Gyeonggi, Korea Selatan.

Menurut media itu, G-Dragon menggunakan suite room di rumah sakit, ruangan yang seharusnya hanya ditempati oleh anggota militer level komandan atau kolonel. Namun, G-Dragon belum mencapai pangkat tersebut.

Pihak militer telah membantah berita tersebut. Mereka mengklaim tidak pernah memberi perlakuan khusus kepada selebriti. Mereka juga mengatakan tak ada kamar khusus kolonel di rumah sakit.

3. T.O.P BIGBANG

Anggota tertua BIGBANG, TOP, pernah menarik perhatian publik karena terlibat dalam kasus ganja.

Pada Februari 2016, TOP dinyatakan terbukti bersalah karena dan mengisap ganja sebanyak empat kali di apartemennya. Ia juga diketahui tengah berada bersama seorang trainee peprempuan, Han Seo Hee, saat ia mengisap ganja.

Kepada fans, pelaku x27;Doom Dadax27;ini telah meminta maaf.

“Aku percaya aku harus dihukum karena telah menyakiti para anggota (BIGBANG), label, publik, penggemar yang menghargaiku, dan keluargaku. Hatiku terluka dan aku sangat kecewa pada diriku sendiri,” tulisnya.

Hal ini kemudian berdampak pada masa wajib militer pria bertubuh jangkung tersebut. Meski telah masuk militer sejak Februari 2017, T.O.P sempat diberhentikan sejenak dari tugasnya karena kasus ini.

Pada Januari 2018, ia akhirnya kembali melanjutkan wajib militer. Meski demikian, ia berubah tugas, dari petugas kepolisian menjadi petugas pelayanan publik.

4, Park Bom eks 2NE1

Saat masih bernaung di bawah YG Entertainment, mantan anggota girlband 2NE1, Park Bom, sempat terjerat kasus narkoba. Ia tertangkap berusaha menyelundupkan amfetamin dari Amerika Serikat ke Korea lewat jasa pengiriman surat, FedEx.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Park Bom Foto: Instagram @newharoobompark

Pil-pil amfetamin ini dialamatkan kepada kerabat Park Bom. Namun, melalui penyelusuran, terbukti bahwa pil ini ditujukan bagi sang penyanyi.

Kasus ini pun sempat diperkarakan ke pengadilan. Namun, Bom tak dijatuhi hukuman jeruji karena jaksa memutuskan untuk menangguhkan kasus itu.

Yang Hyun Suk selaku CEO YG Entertainment pernah membuat pernyataan untuk menjelaskan masalah ini. Ia mengatakan, Bom hanya mengonsumsi amfetamin sebagai obat.

“Sampai empat tahun lalu, Park Bom mengonsumsi obat yang diresepkan secara formal dari rumah sakit di Amerika Serikat. Tapi, dia tidak bisa pergi ke sana karena jadwalnya yang padat. Namun, ini malah menjadi masalah karena obat tersebut dilarang di Korea Selatan,” ungkap bos YG Entertainment tersebut.

Karena kasus ini, Park Bom sempat absen cukup lama dari dunia hiburan. Ia baru akan menjalani comeback secara solo pada Maret 2019.

5. Seungri BIGBANG


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Seungri BIGBANG Foto: Instagram @seungriseyo

Selama sekitar sebulan terakhir, nama Seungri BIGBANG tengah menjadi sorotan publik. Sebab, pria yang merupakan anggota termuda BIGBANG ini diduga pernah berusaha memberikan suap prostitusi untuk menyogok investor asing.

Kasus Seungri pertama kali mencuaat saat media Korea, SBS funE, melaporkan chat yang diyakini berisi percakapan antara Seungri dan rekan-rekannya. Dalam chat itu, ada indikasi bahwa Seungri tengah berupaya mengatur suap berbentuk layanan seksual bagi investor asing.

Semua hal yang dilaporkan dalam artikel SBS funE telah dibantah oleh Seungri dan pihak-pihak terkait. Namun, hingga kini, pemeriksaan terhadap kasus Seungri masih berlangsung. Pada Minggu (10/3), sang artis juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Demi mengeluarkan surat perintah penggerebekan yang dilakukan untuk meluruskan kecurigaan, kami telah menetapkan Seungri sebagai tersangka,” ujar seorang polisi yang dirahasiakan namanya, seperti dikutip Yonhap News.

%d blogger menyukai ini: