29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kaki Pegal-Pegal? Ini Cara Mengatasinya

Berita ini diberdayakan untuk cermati.com

Edited by Siti Hadijah • 10 Maret 2019

@ Kaki kanan pegal

Hampir semua orang pernah mengalami kaki pegal-pegal. Selain karena aktivitas luar ruangan, seperti traveling dan hiking, kaki pegal juga disebabkan karena pemakaian sepatu high heels dalam waktu yang cukup lama.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pegal-pegal. Tidak perlu ke dokter karena Anda bisa mengatasinya sendiri dengan melakukan hal-hal berikut ini di rumah:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

  1. Regangkan kaki dalam beberapa menit
    Jika kaki terasa pegal, coba lakukan peregangan dengan cara meluruskan kaki ke depan. Biarkan otot dan urat kaki tertarik dengan sendirinya. Agar betis tidak terasa sakit saat bersentuhan ke lantai, gunakan bantal sebagai alas.

Apabila sudah mendingan, Anda bisa mengoleskan minyak ke betis dan otot kaki agar rasa pegal segera hilang. Pijat secara perlahan untuk melancarkan sirkulasi darah.

  • Rendam kaki dengan air hangat
    Ambil baskom, lalu isi dengan air hangat. Tambahkan 1-2 sendok garam dapur ke dalam air hangat, lalu campurkan hingga merata. Masukkan kaki ke dalam baskom, dan tunggu sampai beberapa menit. Kalau mau, Anda bisa memijat kaki secara perlahan agar rasa nyeri semakin cepat hilang

Air hangat dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga rasa pegal di bagian kaki dan tumit bisa hilang dalam beberapa menit saja.

  • Kompres otot kaki dengan es batu
    Selain untuk meredakan rasa nyeri pada luka memar, es batu juga berkhasiat untuk menghilangkan kaki yang terasa pegal. Caranya masih tetap sama, yaitu dengan mengompres es batu pada kaki yang pegal hingga ke bagian tumit.

Bungkus es batu dengan kain atau kantong plastik, lalu kompreskan pada kaki. Jika Anda tahan terhadap sensasi dingin es batu, Anda bisa langsung mengompres kaki tanpa harus membalutnya dengan kain.

Baca Juga: Gejala Demam Berdarah (DBD), Penyebab Penyakit DBD, Pertolongan Pertama, dan Pengobatannya

  • Oleskan bawang putih
    Siapa bilang manfaat bawang putih hanya untuk bumbu dapur saja? Jangan salah, kandungan zat anti peradangan yang terdapat pada bawang putih juga ampuh untuk meredakan pegal-pegal. Tidak hanya pada kaki saja, tapi juga pada anggota tubuh yang lain.

Ambil 1-3 siung bawang putih, lalu hancurkan sampai halus. Oleskan bawang putih ke kaki yang pegal. Tunggu hingga beberapa menit sampai rasa pegal terasa mendingan daripada sebelumnya.

  • Angkat kaki lebih tinggi daripada kaki yang lain
    Jika rasa nyeri masih belum hilang juga, sebaiknya posisikan kaki lebih tinggi daripada kaki yang lain. Tidurlah dengan posisi telentang, lalu angkat satu kaki, sementara kaki yang lainnya dibiarkan ditekuk. Cara ini bisa Anda lakukan sebelum tidur, sehingga rasa pegal dapat hilang pada keesokan harinya.

Mengangkat kaki dapat melancarkan sirkulasi darah, sehingga darah yang menumpuk pada satu otot kaki dapat mengalir sempurna ke otot kaki yang lain.

  • Konsumsi obat pereda nyeri
    Jika Anda mempunyai balsem atau obat pereda nyeri lainnya, coba oleskan ke bagian kaki yang terasa pegal. Sensasi panas yang terdapat pada balsem mampu meredakan rasa nyeri dalam sekejap.

Oleskan dalam jumlah yang cukup, sembari melakukan pijatan kecil pada kaki. Hindari pengolesan dalam jumlah berlebih agar kaki tidak terasa seperti terbakar karena efek panas dari obat pereda nyeri.

  • Perbanyak konsumsi cairan dan makanan bergizi
    Untuk meminimalisir kambuhnya rasa pegal, Anda bisa mengantisipasinya dengan cara mengonsumsi banyak cairan. Tidak hanya minum air putih atau jamu saja, tapi juga makanan yang mengandung cairan, seperti buah pir, semangka, dan nanas.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada makanan mampu melengkapi kebutuhan gizi di dalam tubuh juga. Jadi, sangat dianjurkan untuk memperhatikan asupan gizi dan menerapkan pola makan sehat.

Baca Juga: Agar Bayi Lahir Sehat Walafiat, Ini 7 Tips yang Harus Dipraktikan Ibu Hamil

  • Lakukan pemanasan sebelum berolahraga
    Jika Anda sering berolahraga di pagi ataupun sore hari, cobalah untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Olahraga pemanasan dapat membantu meregangkan otot dan sendi tubuh untuk mengurangi risiko terjadinya kaki pegal.

Ada banyak olahraga pemanasan yang bisa dipilih, seperti senam, lari, atau sekedar menggerakkan leher, kaki, dan tangan. Lakukan pemanasan selama 10-15 menit sebelum melakukan olahraga berat, terutama angkat beban.

  • Beristirahat setelah jauh berjalan
    Khusus untuk wanita yang sering menggunakan high heels saat bepergian, sisakan waktu untuk beristirahat setelah 30 menit berjalan mengelilingi mall atau supermarket. Carilah tempat duduk agar Anda bisa meregangkan kaki untuk sementara waktu.

Hindari pemakaian high heels mempengaruhi otot kaki. Jika sering menggunakan high heels, sebaiknya lakukan pemijatan secara teratur agar sirkulasi darah pada otot kaki tetap lancar.

Periksakan ke Dokter Jika Rasa Pegal Tak Kunjung Sembuh
Mengobati kaki pegal tidak sulit. Cara-cara di atas sudah cukup ampuh untuk mengatasi rasa pegal pada kaki Anda. Namun, apabila kaki pegal tak kunjung sembuh atau malah bertambah parah, segera periksakan ke dokter. Terutama jika terjadi pembengkakan di bagian tertentu.

%d blogger menyukai ini: