22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Donald Sihombing, Nama Baru di Daftar Orang Terkaya Forbes 2019

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Oleh : Wendiyanto Saputro

Forbes merilis daftar orang terkaya dunia tahun 2019, termasuk nama-nama baru yang masuk daftar tersebut. Dari Indonesia, hanya ada satu nama baru yakni pengusaha konstruksi di sektor bangunan, bernama Donald Sihombing.

Mengutip daftar yang dirilis Forbes pada Selasa (5/3), Donald Sihombing tercatat memiliki kekayaan sebesar USD 1,4 miliar atau sekitar Rp 19,6 triliun (Kurs Rp 14.000 per USD). Kekayaan itu, menempatkannya sebagai orang terkaya ke-14 di Indonesia atau di dunia ada di urutan 1.605.

Sumber kekayaan Donald, berasal dari perusahaan konstruksi yang didirikannya pada 1996 yakni PT Totalindo Eka Persada Tbk. Emiten dengan kode TOPS ini, memiliki portofolio sejumlah proyek terkemuka.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Tol Cipada – Cipularang yang digarap perusahaan milik Donald Sihombing, PT Totalindo Eka Persada. Foto: Dok. Totalindo

Seperti Mall Taman Anggrek yang pernah tercatat sebagai mal terbesar di Asia Tenggara, juga Grand Indonesia West Mall dan The Plaza Indonesia Extension. Perusahaan juga banyak menggarap proyek rumah susun pemerintah, seperti Rusun Nagrak, Rusun Penggilingan, dan Rusun KS Tubun.

Termasuk proyek rumah susun dengan DP Rp 0, program unggulan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Proyek yang masih dalam penyelesaian itu adalah Klapa Village Tower A dan D.

Proyek lainnya yang telah rampung digarap, juga konstruksi jalan tol, yakni Cipada-Cipularang. Serta jembatan Siak Indrapura di Provinsi Riau.

Mengutip keterbukaan informasi tertanggal 13 Februari 2019 di Bursa Efek Indonesia, Donald yang menjabat Direktur Utama PT Totalindo Eka Persada Tbk, memiliki 1,55 persen saham perusahaannya. Mayoritas saham TOPS, dikuasai oleh PT Totalindo Investama Persada yakni sebanyak 57,65 persen.

Donald sendiri menguasai saham mayoritas PT Totalindo Investama Persada, yakni sebanyak 98,5 persen. Sisanya 1,5 persen dimiliki oleh Sabang Merauke Sihombing, yang juga menjabat komisaris TOPS.

Donald memperoleh gelar Bachelor of Science untuk Teknik Sipil dari University of Akron, Ohio, Amerika Serikat di bidang civil engineering pada tahun 1984. Pria 60 tahun ini, memiliki pengalaman selama 33 tahun di industri konstruksi.


© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network, Donald Sihombing

Sebelum mendirikan perusahaan sendiri, dia bekerja sebagai site manager pada Shimizu Corporation Indonesia, Jakarta (1985-1986), PT Balfour Beatty Sakti (1986-1990) dan PT Total Bangun Persada Tbk (1990-1994).

Bidang konstruksi seperti yang digeluti Donald, termasuk yang menyumbang paling banyak nama orang terkaya baru dalam daftar Forber Billionaires 2019, yakni sebanyak 17 orang. Sektor bisnis yang lebih banyak melahirkan orang terkaya baru adalah teknologi (34 orang), manufaktur (26 orang), fashion dan ritel (23 orang), dan beragam sektor (19 orang).

Donald Sihombing menjadi satu-satunya nama orang terkaya baru (new comer) dari Indonesia, dalam daftar Forber Billionaires 2019. Negara lain yang paling banyak memiliki nama baru di daftar tersebut, adalah China (Termasuk Hong Kong) yakni sebanyak 53 nama, Amerika Serikat dengan 39 nama, dan Brasil dengan 18 nama.

Di Asia Tenggara, Filipina dan Vietnam masing-masing melahirkan 7 dan 2 orang terkaya baru dalam daftar tersebut. Sementara yang sama seperti Indonesia, hanya menyumbang seorang adalah Australia, Hungaria, Meksiko, Israel, Slowakia, Afrika Selatan, Swiss, dan Inggris.

%d blogger menyukai ini: