21 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Gubernur Sulsel Syahrul: Bicara Kerjasama Antar Daerah di Surabaya

Surabaya, TimurMerdeka.com – Selasa (21/11), malam nanti,  Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo akan mengajak para gubernur se-Indonesia untuk membicarakan optimalisasi kerja sama antar daerah di Sangri-La Hotel, Surabaya Jawa Timur (Jatim).

Syahrul yang merupakan Ketua   Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) itu bersama gubernur di tanah air akan memantapkan kerjasama pemanfaatan produk unggulan masing-masing daerah melalui sebuah Workshop.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jawa Timur Benny Sampir Wanto saat dihubungi Selasa (21/11/2017) siang mengatakan selaku tuan rumah, Jatim sudah siap. “Saat ini sedang pemantapan  untuk pembukaan nanti malam, “ujarnya.

Acara Workshop ini  digelar APPSI, dimana Syahrul Yasin Limpo sebagai Ketua APPSI.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Saleh Lasata, Gubernur Jatim H. Soekarwo, dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo akan hadir lebih awal.

Kata Benny, berbagai  aspek pemerintahan yang akan dibahas dalam workshop itu adalah untuk mendukung  penyelenggaraan otonomi daerah, terpelihara dan terjaminnya persatuan
dan kesatuan bangsa, serta terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat
yang berkeadilan.

Tentu saja itu melalui  pengembangan hubungan kerjasama antar daerah dalam pemanfaatan komoditas unggulan masing- masing daerah serta  pendidikan, maupun yang lainnya..

Dalam acara itu, juga akan dilakukan transaksi perdagangan antar daerah, seperti BUMD Jatim bekerjasama dengan BUMD Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Dimana saling memasok kebutuhan masing-masing daerah.

“Jatim akan mengirim  banyak komodoti ke   kabupaten yang berbatasan dengan Malaysia itu,  seperti ayam beku, minyak goreng, pakan  ternak, semen, besi, dan keramik. Sebaliknya, Jatim akan memasok  ikan beku dari Kabupaten  Nunukan sebagai produk utama daerah itu.

Sebanyak 11 gubernur telah menyampaikan konfirmasinya untuk hadir, yaitu  Sulsel, Sultra, Jabar, Sulbar, Banten, Maluku Utara, Bengkulu, Kalsel, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau. Sementara, daerah yang diwakilkan wakil gubernurnya yaitu DI Yogyakarta dan NTT. Selebihnya, diwakili para asisten gubernur, diantaranya,  Gorontalo, Bali dan Kaltim.

Selain itu, para pejabat seperti  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pendidikan,  Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan dan para pelaku usaha dari 34 provinsi di Indonesia,  akan hadir dalam kegiatan tersebut.HM

%d blogger menyukai ini: