27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Bepikir Ingin Bisnis Franchise? Ketahui Fakta ini

Berita ini diberdayakan untuk republika.co.id

Oleh : Gita Amanda

Menjalankan bisnis kerap menjadi keinginan banyak orang, terutama bagi Anda yang tidak tertarik bergabung dan bekerja di perusahaan milik orang lain. Di antara banyak macam bisnis, bisnis franchise jadi salah satu yang paling populer dan sangat banyak dicari.

Wajar saja, mengingat bisnis franchise memang lebih mudah dijalankan dan memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan berbagai jenis bisnis lainnya. Bila Anda baru akan terjun ke dunia bisnis untuk pertama kalinya, memilih bisnis franchise menjadi hal yang patut dipertimbangkan.

Hingga saat ini, ada ribuan jenis franchise yang bisa ditemukan di pasaran. Anda bahkan akan sangat leluasa untuk memilihnya, baik itu yang berskala kecil ataupun franchise yang sudah dalam skala yang cukup besar.


© Republika/Agung Supriyanto Pengunjung memadati salah satu stand waralaba saat pameran Franchise & License Expo Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Ahad (4/9). (Republika/ Agung Supriyanto)

Semua ini tentu bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan dan juga kemampuan Anda dalam mengelolanya. Namun meski terkesan simpel dan mudah, pastikan Anda memahami dengan baik jenis bisnis yang semakin populer selama belasan tahun belakangan ini.

Kenapa? Karena ini penting untuk memastikan bahwa Anda bisa mengenal dengan jelas dan juga memahami berbagai detail terkait dengan bisnis yang akan Anda jalankan nanti.

Nah, jika Anda ingin memulai bisnis franchise, sebaiknya ketahui hal-hal berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lebih mudah dijalankan dan ramah bagi pemula

Meski tujuan Anda dalam menjalankan bisnis adalah keuntungan, namun Anda tetap akan merasa lebih nyaman ketika dihadapkan pada sebuah sistem bisnis yang mudah.

Bisnis ini menjanjikan semua itu, terutama jika sejak awal Anda bisa menemukan bisnis franchise yang sudah populer dan dijalankan dengan sistem yang profesional.

2. Memiliki risiko yang rendah

Resiko menjadi salah satu hal penting yang wajib dipertimbangkan di dalam bisnis, termasuk bisnis franchise sekalipun. Besar kecilnya risiko tentu akan sangat tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan.

Namun pada kenyataannya, risiko yang terdapat di dalam bisnis franchise pada umumnya lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya yang beredar di pasaran.

Berbagai risiko ini juga rata-rata sudah bisa diprediksi. Sebab bisnis franchise tentu sudah dijalankan oleh pemiliknya terlebih dahulu, sebelum akhirnya di-franchisekan kepada orang lain.

3. Menjalankan bisnis dengan panduan ahlinya

Menjalankan bisnis franchise, maka Anda akan menjalankan bisnis dengan panduan dari pemilik franchise yang Anda gunakan. Mulai dari membangunnya sejak awal, hingga operasional usaha itu.

Sehingga Anda bisa menerapkan berbagai strategi dan langkah terbaik untuk memajukan bisnis tersebut. Hal seperti ini tentu tidak akan didapatkan ketika Anda membangun bisnis sendiri dari nol, bukan?

4. Merek yang sudah dikenal luas

Membangun brand bukan perkara mudah, terutama bagi pebisnis pemula. Namun saat Anda menjalankan bisnis franchise, maka Anda tidak perlu besusah payah membangun brand ini.

Terutama jika Anda memilih salah satu franchise yang sudah punya nama atau terkenal di pasaran. Anda hanya perlu menjalankannya dengan maksimal, tanpa perlu membangun brand bisnis Anda dari nol.

5. Menjalankan bisnis dengan langkah tepat

Menjalankan bisnis franchise memang terlihat mudah, namun hal ini tetap harus dilakukan dengan terencana sejak awal. Sama seperti bisnis lainnya, franchise juga akan memberikan Anda sejumlah tantangan pasar dan juga berbagai tantangan lainnya.

Ada banyak kesalahan yang bisa saja mengganjal langkah Anda menjadi seorang pebisnis handal. Beberapa bahkan terbilang sepele dan tidak perlu Anda lakukan. Hindari berbagai kesalahan ini dengan baik, agar rencana bisnis Anda bisa berjalan lancar.

6. Memilih yang tepat dan sesuai minat

Menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat akan jauh lebih mudah, jika dibandingkan dengan menjalankan bisnis yang tidak Anda kenal. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda akan menjalankan bisnis franchise.

Pastikan Anda memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai minat Anda sejak awal, agar Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan nyaman dan siap untuk menghadapi berbagai tantangan di dalamnya.

7. Ada pelatihan dan cara menjalankan bisnis sesuai standar

Pemilik franchise pasti akan memiliki standar tertentu di dalam bisnis yang mereka franchisekan. Di mana hal ini pada umumnya bertujuan untuk memajukan bisnis tersebut secara maksimal dan menjaga kualitas produk/layanan.

Pastikan Anda mengikuti pelatihan terkait dengan bisnis ini dan menjalankan bisnis tersebut sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan.

Jeli memilih dan disiplin dalam menjalankannya

Bisnis franchise memang menjadi salah satu yang paling diminati, terutama untuk Anda para pemula yang baru akan memulai bisnis untuk pertama kalinya. Pastikan untuk memilih jenis franchise yang tepat yang sesuai dengan minat Anda dan memiliki potensi pasar yang menjanjikan.

Selain itu, jalankan juga bisnis ini dengan disiplin yang kuat. Agar bisnis franchise Anda bisa berkembang dan memberi keuntungan maksimal.

%d blogger menyukai ini: