26 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Pemkab Malteng Genjot Pelayanan Kesehatan Gratis

Masohi-Timurmerdeka.com. Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) Provinsi Maluku, dalam menggejot derajat kesehatan dimasyarakat, melakukan kerjasama antara Pemda dan BPJS.

Bagi masyarakat tak mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) akan diberikan fasilitas Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) atau gratis. Demikian dikatakan Bupati Malteng Tuasikal Abua, ketika menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemda dan BPJS, di Masohi belum lama ini.

Menurut Tuasikal Abua, kehadiran program pemerintah ini, bukan isapan jempol saja, melainkan juga merupakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang tidak mampu, atau dibawah standar. Karena itu, patutlah masyarakat bersyukur kepada Pemda Malteng karena program ini sesuai dengan Visi-Misinya ketika dalam kampanye Pilkada Maleng lalu.

“Ini merupakan program saya sebagai bupati, dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis pada masyarakat yang tak mampu secara ekonomi. Dan mengenai budgetnya (Dana) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan kita anggarkan setiap tahun”, demikian disampaikan Bupati Malteng melalui kepala Bappeda dan Litbang Malteng DR Rakib Sumbawa SPi MSi kepada media ini.

Sebagaimana penerima Jamkesda yang telah terkover di Kelurahan sebanyak 2000 jiwa saat ini, dan masih ada lagi, kurang lebih 4000 jiwa yang belum terkover. Program ini akan terus berlanjut, karena data pesertanya belum final hingga saat ini.

“Program kesehatan gratis ini, diharapkannya masyarakat miskin tak lagi mengeluh atas pelayanan kesehatan di daerah ini, karena telah ditangani secara professional oleh pemerintah Maluku Tengah, dan tentu saja program kesehatan gratis ini, secara bertahap dan komprehensif”, paparnya mengakhiri komentarnya. (Sum/Gin).

%d blogger menyukai ini: