22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Menelisik Lelang Jabatan Sekda maupun Eselon II A dan II B, di Kabupaten Buton Selatan

Divinitifnya Pemerintahan Kabupaten Buton Selatan (Busel) atau dikenal “Bumi Perikanan Pulau Buton” Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tentu saja banyak kalangan birokrasi yang berhasrat ingin menjaadi pejabat… Tentu saja yang telah memenuhi syarat, maka di berikan ruang,  berupaya dan berkompetisi guna merebut jabatan yang tersedia.

Karena itu, Bupati Busel Agus Feisal Sjafei Kahar dan Arusani Wakil Bupatinya, tidak salah memilih, bilamana mengangkat pejabat setingkat Eselon II A, dan II B. Sebagaimana visi-misinya ketika merebut kemenangan di Pemilukada lalu.

Bagaimana amatan Tim wartawan Timur Merdeka.com di Batauga.

Berikut laporan Ketua Tim : Gino Samsudin.

Bupati Busel Agus Faisal SSos MSi, dalam lelang jabatan, merupakan kententuan Undang-Undangan dewasa ini. Artinya, semua pejabat yang meraih jabatan patutlah, melakukan “Uji Kopetensi”. Artinya, tahapan tersebut, akan diketahui keahliannya calon pejabat Eselon II B, dan akan diketahui tingkat rasionalitasnya. Sebagaimana paparan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) La Amiri melalui Kabidnya, Firman Hamzah, di Batuga belum lama ini.

Sejak dibukanya pendaftaran, peminat cukup banyak, diantaranya pelaksana sekda Busel Konstatinus Bukide, Kepala BKPM Busel La Siambo, Kepala Dinas Perikanan Buton Tengah, M Rijal, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, La Ode Darus Salam, dan staf akhli Bupati Busel Bidang Pemerintahan dan Politik, Supriadi Nasiru.

Selain itu, peminat lelang jabatan Eselon II B setingkat Kepala Dinas (Kadis), juga cukup banyak digandrungi oleh para pihak, termasuk dari lingkup Pemda lain diluar Pemkab Busel. Dan yang sudah mendaftar ada 45 nama yang mengambil formulir. Bahkan telah ada yang mengembalikkan berkas pendaftarannya.

“Sebagai pendaftar pada Eselon II B, atau setara Kadis, sudah ada beberapa nama, mereka diantaranya, Sekdin Balitbang Kota Baubau La Haruna, Staf Sekretaris Butur LM Karya Jaya, Sekdin DKP Buton, LM Idris, Staf Ahli Bupati Busel Drs Tanibu dan Sekdin Kesehatan Kota Baubau, Amran Taone”, jelas kabid BKD Busel, Firman Hamzah yang konon bakal menggantikan posisi Kepala BKD Busel.

Menelisik banyaknya peminat dari luar Busel, tentu saja karena daerah itu memiliki watak pemimpin yang tenang dan orangnya masih mudah. Menariknya lagi, orang energik, serta memiliki wawasan yang sangat luas itu. Sehingga Agus sapaan akrab Bupati Busel dijuluki, “Sang Pemuda Gagah Berani”, dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai Bupati.

Dia Bupati Busel, selain terkenal blusukkan dalam menelisik keseluruh daerahnya, juga tak mengenal waktu dalam melayani masyarakatnya. Sehingga bilamana mendengar ada masyarakat dipersulit, maka tidak segan-segan “marah” didepan publik sekalipun.

Banyaknya peminat direquitmen Jabatan Eselon II A, maupun B itu, menunjukkan daerah Bumi Perikanan ini, akan di rekayasa sebagaimana Visi-Misi nya, ketika dalam berkampanye Pilkada lalu. Artinya, daerah ini diyakini, akan menjadi pemicu ekonomi dibagian Selatan Pulau Buton. (*****).

%d blogger menyukai ini: