22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Meriahkan Pemilu, Khilmi Buat Miniatur Jokowi dan Prabowo dari Batang Korek Api

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Khilmi Ardiansah (37) terlihat fokus, Rabu (16/1/2019). Tangannya begitu cekatan memotong batang korek api kayu melalui pemotong kuku.

Setelah dipotong dan dianggap sesuai, batang korek api itu dirakit menjadi satu melalui perekat lem.

Saat itu, Khilmi sedang membuat miniatur wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang sama-sama menjadi calon presiden untuk Pemilu 2019.

Secara kasat mata, miniatur wajah Jokowi dan Prabowo sudah terlihat. Khilmi hanya menambahkan batang korek di bagian yang dianggap masih kurang.

“Saya ingin coba, kan belum pernah buat miniatur yang wajah manusia. Selama ini lebih sering miniatur bangunan,” katanya, Rabu (16/1/2019).

Khilmi gemar terhadap dunia seni sejak masih kanak – kanak. Sejak lima tahun yang lalu, bapak dua anak ini mulai menekuni seni miniatur dengan bahan dasar dari batang korek api kayu.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media

Khilmi Ardiansah menunjukkan miniatur wajah Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang dibuatnya melalui batang korek api kayu, Rabu (16/1/2019)KOMPAS.com / ANDI HARTIK

Banyak karya miniatur sudah dibuatnya melalui keterampilannya itu. Seperti miniatur Taj Mahal India, White House atau Gedung Putih Amerika Serikat, Empire State Amerika Serikat, Menara Eiffel Paris, Tower Royal Clock Makkah, Petronas Tower Malaysia, Gedung Parlemen Inggris, dan Masjid Biru Turki serta miniatur gundam, robot dan helikopter.

Semua miniatur berbahan batang korek api kayu itu dipajang di rumahnya, Perumahan Pondok Mutiara Asri nomor F4 Asabri, Kelurahan Pandan Landung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Karya – karya itu sengaja tidak dikomersilkan dan hanya dijadikan koleksi pribadi.

Biasanya, Khilmi menyalurkan hasrat seninya itu disela kesibukannya sebagai wiraswasta. Lama pembuatannya bervariasi. Untuk miniatur Jokowi dan Prabowo, ia membuatnya selama satu minggu.

“Sekarang kan lagi ramai dua sosok ini karena sama-sama calon presiden,” katanya.

Ingin Diberikan Langsung ke Jokowi dan Prabowo

Khilmi membuat miniatur wajah Jokowi dan Prabowo di atas dua petak pigura. Potret wajahnya dari samping dan dibuat saling berhadapan. Untuk membuat efek rambut, Khilmi membakar batang korek api kayu itu sehingga berwarna hitam.

“Miniatur wajah sedikit lebih sulit soalnya harus mirip dengan aslinya. Kalau wajah geser dikit sudah lain bentuknya,” katanya.

Khilmi membuat miniatur wajah Jokowi dan Prabowo dengan tinggi 25 sentimeter, lebar 18 sentimeter dan tebal 6,5 sentimeter.

Untuk menyelesaikan miniatur dua wajah itu Khilmi harus menghabiskan 6.000 batang korek api kayu dengan masing – masing wajah menghabiskan 3.000 batang.

“Butuh 250 pack korek api kayu. Habisnya kisaran Rp 50.000,” katanya.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media, Khilmi Ardiansah saat membuat miniatur wajah Joko Widodo dan Prabowo Subianto melalui batang korek api kayu, Rabu (16/1/2019) KOMPAS.com / ANDI HARTIK

Khilmi tidak berniat untuk menjual karya miniatur wajah Jokowi dan Prabowo itu meski banyak yang minat.

Ia mengaku ingin memberikan dua miniatur wajah calon presiden itu ke pemilik wajah itu secara langsung. Namun Khilmi masih kebingungan cara memberikannya.

“Inginnya diberikan langsung ke pemilik wajahnya,” katanya.

Khilmi enggan mengomentari rivalitas politik keduanya di Pemilu 2019. Baginya, siapapun yang terpilih tidak menjadi masalah asalkan bisa mensejahterakan rakyat dan negara.

“Siapapun yang jadi tidak masalah. Yang penting kan rakyat makmur, negaranya maju,” ungkapnya.

Penulis: Kontributor Malang, Andi Hartik

Editor: Aprillia Ika

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: