30 November 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Trump Tutup Pemerintahan, Negara Bagian Selamatkan Ribuan Pekerja

Berita ini diberdayakan untuk tempo.co

Tamu mengambil hamburger yang disajikan pada penyambutan Juara Nasional Playoff 2018 Football College di Gedung Putih, Washington, AS, Senin, 14 Januari 2019. Partai Demokrat telah menolak permintaan dana sebesar $ 5,7 miliar (Rp 80.2 triliun) yang diajukan Trump untuk proyek tersebut. REUTERS/Joshua Roberts

TEMPO.CO, Jakarta – Sejumlah gubernur negara bagian Amerika Serikat mengambil langkah menyelamatkan para pekerja federal yang menganggur dan bekerja tanpa gaji akibat penutupan pemerintahan oleh presiden Donald Trump yang sudah 4 minggu.

Salah satu cara untuk membantu para pekerja yang jadi korban penutupan pemerintah adalah memanfaatkan pinjaman tanpa bunga. Ada cara lebih mudah dengan meminta pekerja federal mengajukan manfaat bagi pengangguran.

Baca: 3 Layanan Publik Amerika Terlantar Akibat Penutupan Pemerintahan

Gubernur Connecticut, Ned Lamont pada hari Selasa, 15 Januari 2019, bermitra dengan bank swasta untuk membantu pekerja yang tidak dapat mengakses asuransi untuk pengangguran dengan pinjaman tanpa bunga. Pinjaman ini dijamin oleh pemerintah Connecticut hingga pemerintahan kembali berjalan normal.

” Bekerja sama, kami dapat memastikan bahwa pekerja federal menerima bantuan dana yang dibutuhkan akibat beban keuangan yang kritis selama pemerintahan tutup,” kata Lamont dalam pernyataannya seperti dikutip dari Reuters, Kamis, 17 Januari 2019.

Baca: Warga Amerika Salahkan Trump Soal Penutupan Pemerintahan

Pemerintah negara bagian California, rumah bagi sekitar 245 ribu pekerja federal, telah membuat telepon bebas hambatan bagi mereka untuk mengajukan klaim dan mendapatkan bantuan manfaat pengangguran.

Hingga 29 Desember 2018, 780 pekerja federal mengajukan bantuan manfaat pengangguran di California.

Di Maryland yang sekitar 147,524 warganya bekerja di pemerintahan federal, memperluas jam operasi call centre untuk penerimaan klaim manfaat pengangguran menjadi lebih dari dua kali sehari. Ini dilakukan untuk mengakomodasi meningkatnya permintaan.

Baca: Trump Tolak Usul Akhiri Penutupan Pemerintahan dan Berunding

Pada 10 Januari, sudah lebih dari 1.700 klaim didaftarkan oleh pekerja federal.

Di Virginia yang sudah memproses sekitar 650 kliam, tetap memilih bungkam terhadap rencana membuat kesepakatan untuk mengakhiri penutupan pemerintahan. Virginia beralasan tidak ingin memberi kesan bahwa Virginia dapat mengatasi masalah ini.

“Kami tidak mau mengirim sinyal bahwa hal ini oke dan pemerintah feeral dapat melanjutkan penutupan pemerintahan,” ujar Aubrey Layne Jr, menteri keuangan Virginia.

Presiden Trump berkukuh menolak mengakhiri penutupan pemerintahan yang dimulai sejak 22 Desember 2018 karena kubu Demokrat di parlemen menolak pembangunan tembok perbatasan Meksiko.

(Editor: Maria Rita Hasugian)

%d blogger menyukai ini: