21 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kendari, Timurmerdeka.com – Program Tarnsmigrasi merupakan program pemerintah di Indonesia, karena itu, pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali memprogramkannya. Namun kali ini hanya 175 Kepala Keluarga (KK) saja untuk warga Sultra. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sultra Saemu Alwi di Kendari selasa pekan lalu.

Dalam keterangan Saemu Alwi kepada media ini, 175 KK tersebut, akan ditempatkan di Kabupaten Konawe. “Rekayasa penempatan transmigrasi dewasa ini, adalah perpaduan antara warga transmigrasi luar Sultra dan warga lokal”, kata Saemu Alwi.

Saemu juga menambahkan, 175 KK itu, 100 KK warga transmigrasi Kabupaten Konawe, disiapkan lahan di Desa Warodongga Kecamatan Routa, sedangkan 75 KK lainnnya ditempatkan di Desa Tongauna Kecamatan Uesi.

Sehingga diminta warga transmigrasi yang akan ditempatkan berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa tengah, DIY, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB), dapat menyesuaikan. Pemprov Sultra, menyiapkan lahan untuk bercocok tanam seluas 2,5 hektar per KK.

“Sebagaimana amanah Pemprov Sultra, akan menyiapkan jaminan hidup kurun waktu satu tahun bagi warga transmigrasi. Dalam kurun waktu tersebut, warga trans diharapkan dapat menggarap lahan cadangan guna masa depan mereka”, ungkap Saemu mengakhiri komentarnya. (Gin, Ant).

%d blogger menyukai ini: