27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Tommy Soeharto Turut Menyaksikan Parade Mengenang 10 November Surabaya

Surabaya, TimurMerdeka.com – Suasana Jl Tunjungan Surabaya, Minggu (5/11/2017) dipenuhi para pejuang veteran  kemerdekaan dan pembela kemerdekaan. Mereka datang untuk mengenang peristiwa 10 November Surabaya yang kemudian dikenal  sebagai Hari Pahlawan.

Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto pun,  turut hadir dan menyaksikan parade  mengenang 10 November itu yang saat ini dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Di menara sudut Hotel Yamato kala itu, bendera sekutu berwarna “merah biru putih”  bekibar, namun arek-arek Suroboyo menurunkannya dengan paksa. Hotel Yamato kini tinggal sejarah karena sudah berganti nama menjadi Hotel Majapahit.

Lili Sumardi dan Suwanto adalah orang saksi sejarah peristiwa 10 November di Surabaya. Keduanya mengatakan peristiwa sejarah itu cukup membakar semangat arek-arek Suroboya. Hanya bermidalkan senjata bambu runcing tapi mampuh mengalahkan sekutu yang memiliki senjata tempur canggih, kata Lili Sumardi dan Suwanto. Kedua veteran ini adalah anggota KRI Barakuda milik TNI AL.

Ditengah-tengah para pejuang kemerdekaan ini terlihat Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto serta Kapolretabes Kota Surabay Kombes Pol Muhammad Iqbal. Lokasi kegiatan upacara di depan Hotel Majapahit. Dahulu hotel ini bernama Hotel Yamato. Komandan Upacara Mayor (Purn) Suryadi, anggota Veteran Kota Surabaya.HM

%d blogger menyukai ini: