30 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Curiga Pasangan Selingkuh? Simak 12 Tanda Tersembunyi Ini

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
IlustrasiShutterstock

Perselingkuhan tidak sesederhana yang kita duga. Selain jenisnya yang berbeda (ada selingkuh fisik dan selingkuh hati), beberapa tanda-tanda mencurigakan dari sang kekasih juga tak selalu tampak jelas.

Beberapa psikolog dan pakar perilaku menjelaskan adanya tanda-tanda tersembunyi yang bisa dicurigai dari perilaku kekasih.

Jika kamu juga menemukan tanda itu pada pasangan, kamu patut menanyakannya dari pada dihantui rasa curiga yang akhirnya bisa menghancurkan hubungan.

1. Berbohong setelah kebohongan lain.

Apakah teman kantor pacarmu kaget ketika tahu kamu dan dirinya sudah menikah? Apakah kekasihmu pernah mengatakan ia pergi bersama teman-temannya ketika kamu tahu ia sebetulnya berbohong?

Penulis buku “Tell Me What You Want” Justin Lehmiller, Ph.D menjelaskan, tipu muslihat yang terulang adalah tanda kemungkinan pasanganmu berselingkuh.

“Ketidaksetiaan biasanya banyak melibatkan kebohongan dan tipu muslihat,” kata dia.

2. Melewatkan waktu kencan atau tidak tertarik dengan seks

Tidak lagi tertarik dengan keintiman bersama kekasih adalah tanda lainnya.

Profesor psikologi Nicolle Zapien, Ph.D mengatakan, hal itu akan menimbulkan pertanyaan mengapa mereka melakukannya.

Jika ia memang berselingkuh, maka hal itu bisa jadi merupakan tanda bahwa kebutuhan emosional atau seksualnya sudah dipenuhi di tempat lai . Artinya, ia tidak lagi membutuhkannya darimu.

3. Penampilan lebih modis

Kepala departemen konseling, dewasa dan pendidikan tinggi di Northern Illinois University, Suzanne Degges-White, Ph.D. menjelaskan, seseorang akan tampil rapi dan mau mengubah penampilannya ketika akan bertemu seseorang yang pujiannya diharapkan.

Biasanya, bersama dengan orang yang sama selama bertahun-tahun akan membuat seseorang cenderung tidak terlalu memerhatikan penampilannya.

Jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka kamu patut curiga. Bisa jadi kekasihmu ingin membuat orang lain kagum.

4. Obsesi dengan ponselnya

Di awal masa pacaran atau sedang penjajakan, pasti kita akan intens saling bertukar pesan sehingga kita tak bisa jauh dari ponsel.

Namun, ketika kamu dan pasangan sudah menjalin hubungan cukup lama dan ia masih terobsesi dengan ponselnya, kamu perlu curiga.

“Berkirim pesan adalah preferensi bagi mereka yang berselingkuh untuk berkomunikasi,” kata Degges-White.

Perilaku ini bisa menjadi sesuatu yang tak terlihat namun mengancam hubunganmu dengan kekasih, ketika ada seseorang yang bisa membangun obrolan pribadi dengan kekasihmu.

5. Menutup cepat laptopnya

Kecuali jika ada hal-hal yang mengejutkan, menutup cepat layar laptop bukanlah hal lazim. Hal itu bisa berarti ada hal yang ditutupi dari kekasihmu.

Ia bisa saja menutupi video game yang kamu tidak suka atau bisa saja pesan dari orang spesialnya.

6. Biaya aneh

Ketika kamu menyadari ada biaya atau pengeluaran aneh dari kartu kreditnya, seperti pembayaran restoran atau pembelian aneh di situs e-commerce yang bukan barangmu atau pasangan, maka kamu patut menanyakannya. Hal itu tidak selalu tanda perselingkuhan, namun tak ada salahnya jika kamu bertanya.

7. Membuat alasan aneh saat ditanya posisinya

Ketika kekasihmu sedang menghabiskan waktu bersama seseorang yang spesial baginya, mungkin saja ia mengatakan bahwa ia sedang pergi bersama rekan kerja untuk rapat, pesta ulang tahun atau alasan lainnya.

Zapien mengatakan, jika alasan-alasan yang dibuat cenderung aneh maka tak salah jika kamu berspekulasi.

8. Sulit dihubungi

Hal ini cenderung terjadi pada pasangan yang sudah bersama selama bertahun-tahun. Tapi, ketika kekasihmu sedang menghabiskan waktu dengan seseorang dan sulit dihubungi, maka kamu patut mempertanyakannya.

9. Menyebut nama seseorang terus menerus

Degges-White mengatakan, jika nama baru sering muncul di story media sosial kekasihmu atau sering diceritakannya, maka ada kemungkinan orang tersebut banyak bersama kekasihmu pada kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

“Tak peduli seperti apapun orang tersebut, ketika seseorang sedang tergila-gila, mereka terlihat tersiksa jika tidak membicarakan objek kekaguman mereka tersebut,” ucapnya.

10. Membanjirimu dengan hadiah dan pujian

Hal ini mungkin saja sungguh-sungguh diberikan dari hati, namun sedikit aneh jika terjadi.

“Rasa bersalah bisa menjadi motivator yang kuat dan jika perselingkuhan tersebut terlalu kuat untuk dilawan, mereka mungkin berpikir bahwa rasa bersalah mereka akan terobati dengan memberi pasangannya banyak hadiah,” kata Degges-White.

“Jadi pola pikirnya adalah: aku sulit berhenti berselingkuh, tapi aku bisa memperlakukan pasanganku dengan lebih baik.”

11. Kamu mengetahuinya

Pernahkah kamu merasa ada perasaan yang mengganjal di hati? Perasaan kuat tersebut bisa saja menjadi tanda berikutnya. Para pakar mengatakan, intuisi juga bisa menjadi alat pengambilan keputusan yang kuat.

“Kita seringkali mengabaikan intuisi dan menunggu pasangan kita membenarkannya di kemudian hari,” kata Zapien.

12. Menemukan bukti faktual

Zapien mengatakan, ketika seseorang menemukan bukti faktual perselingkuhan pasangan kita dengan orang lain, mereka seringkali membantahnya.

Sayangnya, banyak orang yang justru mengabaikan tanda-tanda faktual tersebut.

Bagaimana mengatasinya? Degges-White menyarankan agar kita berterus terang kepada kekasih untuk menanyakannya.

“Kamu mungkin saja menyampaikan kalimat seperti: “aku tahu kamu tidak jujur dan aku mau kamu tahu bahwa itu tidak enak untukku”.”

Apa yang harus dilakukan?

Setiap orang punya pilihan berbeda. Jadi, ketika tanda-tanda terkait perselingkuhan itu muncul pada orang lain, bukan berarti pasangan kita juga berselingkuh meski menunjukan tanda yang sama.

Bisa saja kekasihmu sedang menderita, sedih atau kamu curiga dengan hubunganmu karena alasan lain.

Jika kamu merasa ada hal-hal yang mengganjal, lebih baik dibicarakan dengannya.

Penulis: Nabilla Tashandra

Editor: Lusia Kus Anna

Sumber: WomensHealth

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: