31 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

HP Perkenalkan Chromebook Pertama Bertenaga AMD di CES 2019

Berita ini diberdayakan untuk tirto.id

HP Chromebook 14 (AMD). FOTO /store.hp.com

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi – 7 Januari 2019 HP Chromebook 14

mengandalkan spesifikasi AMD di sektor prosesor, harga Rp 3,7 juta.

tirto.id – Hewlett Packard (HP) baru saja memperkenalkan Chromebook pertama bertenaga prosesor AMD, HP Chromebook 14 di Consumer Electronics Show (CES) 2019, Las Vegas, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman GSM Arena, Senin (7/1/2019), HP sebelumnya merilis Chromebook menggunakan prosesor berbasis ARM atau x86 dari Intel.

HP Chromebook 14 mengusung desain khas vendor tersebut dengan sudut membulat dan dibalut casing berbahan polikarbonat. Bobot HP Chromebook 14 AMD cukup ringan, hanya 1,5 kilogram saja.

Ada dua varian HP Chromebook 14 yang diperkenalkan dan keduanya mengusung layar berukuran 14 inci. Varian yang murah dibekali resolusi HD, sedangkan varian lebih tinggi menggunakan resolusi full HD. HP juga menghadirkan varian dengan fitur layar sentuh.

Sektor performa menjadi hal yang menarik dari HP Chromebook 14 lantaran ditenagai prosesor AMD A4-9120C berkonsep dual-core, kecepatan maksimal 2,5GHz.

Varian lebih tinggi bertenaga AMD A6-9220 berkonsep dual-core dengan kecepatan maksimal 2,9GHz.

Baca juga: Cara Mengatasi Performa Laptop Asus X441S yang Mulai Lambat

Kemampuan grafis HP Chromebook 14 didukungan GPU Radeon R4 atau Radeon R5 (tergantung varian) yang terintegrasi dengan prosesor. Untuk menunjang performanya, RAM berkapasitas 4GB disematkan.

Kapasitas penyimpanan HP Chromebook 14 memang terbilang terbatas, hanya 32GB jenis eMMC. Chromebook andalan HP ini juga dilengkapi dua buah port masing-masing untuk USB Type-C dan USB standar.

Untuk menunjang aktivitas pengguna, HP Chromebook 14 dibekali kapasitas baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 9 jam.

Terkait harga, HP Chromebook 14 dijual mulai 269 dolar AS atau sekitar Rp3,7 juta (kurs Rp14.074). Belum ada informasi lebih lanjut apakah Chromebook ini akan masuk pasar Indonesia.

Adapun Chromebook merupakan notebook ringan yang menggunakan sistem operasi berbasis cloud, Chrome OS. Pengguna harus terhubung dengan internet untuk bekerja dengan Chrome OS.

Platform ini dikembangkan Google untuk mendukung mobilitas pengguna dengan menawarkan desain yang tipis, ringan, dan baterai yang tahan lama.

Baca juga: Asus Chromebook, Notebook Kolaborasi Google dan Asus

Baca juga artikel terkait HP atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id – Teknologi)

Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi


Chromebook HP sebelumnya mengadopsi prosesor berbasis ARM dari Intel.

%d blogger menyukai ini: