29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Mau Jalan-jalan ke Luar Negeri? Kenali Dulu 4 Visa Ini

Berita ini diberdayakan untuk tempo.co

Sebelum melakukan perjalanan ke suatu negara, visa atau surat ijin masuk ke suatu negara, adalah salah satu yang harus diketahui, selain beberapa persyaratan lain yang harus dipersiapkan.

Seperti yang kita ketahui, aktor Lee Jong Suk sempat bermasalah dengan pihak imigrasi dan dideportasi dari Indonesia karena menggunakan visa on arrival. Pihak imigrasi sendiri mengungkapkan bahwa Lee Jong Suk harusnya menggunakan visa kunjungan bisnis mengingat acara fanmeeting nya di Indonesia dianggap acara yang menghasilkan uang.

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto

Nah biar tidak salah, berikut jenis visa yang harus kamu ketahui ketika berkunjung ke luar negeri.

  1. Visa Turis

Jenis visa yang satu ini seringkali dipakai para traveler untuk berkunjung ke negara lain. Visa turis juga jadi salah satu visa yang paling mudah didapatkan dibanding visa jenis lain. Kamu hanya perlu mengajukan syarat-syarat ke kedutaan besar negara yang ingin kamu kunjungi sebulan sebelum kamu pergi.=

© Disediakan oleh PT. Tempo Inti Media , TBK
ilustrasi visa (pixabay.com)

2. Visa Kunjungan Bisnis

Visa kunjungan bisnis diperuntukkan bagi mereka yang ingin berkunjung ke suatu negara untuk urusan bisnis. Visa jenis ini biasanya lebih mudah didapatkan ketika kamu telah memiliki surat rekomendasi dari tempat kerjamu di Indonesia ataupun negara lain.

3. Visa Kerja

Visa kerja biasanya memiliki jangka waktu yang beragam seperti 1 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun. Jangka waktu itu disesuaikan dengan berapa lama kamu akan bekerja di negara lain. Visa jenis ini lebih sulit didapatkan dibanding visa-visa lainnya. Pasalnya, kamu harus mendapatkan jaminan dari kantor negara yang akan kamu kunjungi.

4. Visa Belajar

Bagi kamu yang ingin belajar ke luar negeri, pastikan untuk memiliki visa belajar atau yang biasa disebut study permits. Visa ini hanya bisa kamu dapatkan jika kamu telah diterima atau menyertakan surat tanda masuk sekolah atau perguruan tinggi. Sebaliknya, kamu tidak akan mendapatkan visa belajar, jika kamu masih mencari atau sedang mendaftar ke sekolah atau perguruan tinggi.

%d blogger menyukai ini: