3 Desember 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

5 Ponsel Lipat yang Bakal Rilis di 2019

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

© VIVA Foto dari teaser ponsel lipat Samsung

2019 sepertinya menjadi tahun penting bagi sejumlah pabrikan ponsel dalam menyiapkan ponsel lipat mereka. Salah satu yang santer segera rilis pada Februari mendatang, yakni Samsung Galaxy X (atau Galaxy F, belum dijelaskan nama resminya).

Selain Samsung, ada beberapa merek ponsel lipat lain yang dikabarkan meluncur di 2019. Jika kamu berminat, ada baiknya segera menabung untuk membelinya. Apa saja? Berikut ini VIVA Digital rangkum dari T3.

  1. Samsung

Seri ponsel lipat Samsung diperkirakan akan diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress di Barcelona, Februari mendatang.

© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Pada dasarnya, ponsel ini adalah tablet yang bisa dilipat. Ukuran layarnya tentu ada dua versi, yakni 7,29 inci saat dibentang, dan mampu bertransisi menjadi 4,6 inci ketika dilipat.

Nama resmi untuk ponsel tersebut belum diumumkan. Ada yang menyebut Galaxy X, ada pula Galaxy F. Bocoran harganya menurut Gizmodo jika dikonversikan sekitar Rp27 juta hingga Rp38 juta, tentunya ada beberapa seri.

  1. Motorola Razr
© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Kabarnya Motorola juga akan meluncurkan ponsel yang dapat dilipat, yaitu Motorola Razr. Smartphone ini memiliki konsep flip, tapi dengan layar penuh yang dapat dilipat saat dibuka.

Pihak Motorola kabarnya sudah mengajukan paten untuk ponsel lipat dua layar. Paten itu menggambarkan dua kamera, serta engsel di bagian atas, bawah dan tengah, dan kemampuan untuk disangga ke dalam mode tampilan seperti tenda.

  1. LG

LG agaknya ogah tertinggal jauh dari Samsung. Ia juga tengah sibuk mengembangkan teknologi ponsel layar lipat. Perusahaan sudah mengajukan paten untuk inovasi ini, dan bocorannya nama-nama seperti Flex, Foldi, dan Duplex ikut disebutkan dalam dokumen internal LG.

© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Adapun mengenai desain dan harga, belum ada petunjuk jelas. Sangat masuk akal jika banderolnya nanti cukup mahal, dan kemungkinan baru akan diluncurkan akhir 2019, karena perusahaan tak mau buru-buru sebelum benar-benar siap.

  1. Apple iPhone
© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Pada November 2018 lalu, Apple Inc. diketahui mengajukan paten untuk “Perangkat Elektronik dengan Layar Fleksibel”. Kata-kata ‘telepon seluler’ disebut pula dalam dokumen yang sama.

Menurut analis, Apple akan menunggu hingga tahun 2020 untuk merilis ponsel yang dapat dilipat, bisa jadi dibekali teknologi yang kompatibel dengan 5G.

Sampai saat ini, belum ada kebocoran lebih lanjut mengenai desain dan aspek lainnya.

  1. Huawei
© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Oktober 2018 lalu, CEO Huawei, Richard Yu, mengkonfirmasi bahwa pabrik asal China itu sudah memiliki prototipe mengenai smartphone yang fleksibel.

Dokumen paten yang mereka ajukan merujuk ke perangkat “smartphone yang dapat dilipat”. Namun bentuknya seperti buku yang dapat dibuka sehingga tampilannya menjadi tablet ukuran besar, dengan engsel yang menghubungkan setiap layar.

Fitur-fitur canggih kemungkinan juga akan dibekalkan pada ponsel ini. Mulai dari pengisian daya nirkabel hingga kamera lensa premium. Tidak disebutkan bulan apa ponsel lipat Huawei diluncurkan, namun diharapkan tahun 2019.(Alika Noor Kholifah)

%d blogger menyukai ini: