27 November 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Yamahauler, Bukti Kerjasama Apik Toyota dan Yamaha

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

© Disediakan oleh Kumparan Poster Yamahauler

Kolaborasi Yamaha dan Toyota merupakan salah satu bukti hubungan kerjasama nyata pabrikan yang beda alam. Bila menengok kembali pada tahun 70-an, kedua pabrikan pernah menjalin hubungan untuk saling mendukung menciptakan model terbaru, juga soal promosi.

Yamaha pernah berkutat di balik layar soal desain dan suplai mesin beberapa model Toyota kala itu, seperti, Celica, MR2, dan 2000GT. Sebagai gantinya, Toyota membuat sebuah truk bernama Yamahauler yang spesifik mempromosikan kemampuannya yang bisa mengangkut sepeda motor, dan tentu saja motor Yamaha.

Pada tahun 1974 di Amerika Serikat, Toyota mengenalkan pikap Hilux versi panjang yang sering disebut Toyota Truck. Namun karena unit display-nya sering digunakan dalam iklan Toyota dan menjadi kendaraan promosi si Hilux mengangkut motor Yamaha, Toyota Truck dinamai Yamahauler.

© Disediakan oleh Kumparan Poster Yamahauler

Bukan truk atau pikap biasa, bentuk Yamahauler kerap dikustomisasi dengan tambahan karpet pada bak terbukanya, dicat sekujur bodinya oleh rumah modiifkasi kenamaan Molly Design, sampai-sampai disematkan kursi agar lebih menarik perhatian.

Kalau seputar spesifikasinya, seperti mengutip Rideapart, pikap tersebut punya suspensi belakang independen dan rem cakram besutan Jaguar XKE. Tak hanya itu, dapur pacunya pun disokong mesin 2.000 cc empat silinder dengan turbocharger, yang mana merupakan mekanisme induksi paksa yang bisa dibilang kurang booming saat itu.

© Disediakan oleh Kumparan Poster Yamahauler

Belum lagi Yamhauler ini semakin spesial karena modelnya sangat eksklusif. Toyota tidak memproduksinya secara massal. Lagi-lagi Yamahauler memang sengaja dibuat untuk menunjukkan ketangguhan Toyota membuat sebuah pikap yang serba bisa, bahkan untuk mengangkut motor.

Seperti ingin mengulang kesuksesan nama Yamahauler, lima tahun kemudian, Toyota menggarap promosinya yang kedua. Namun kali ini Yamahauler dijadikan hadiah dalam sebuah kontes. Bukan cuma Yamahaulernya saja, motor Yamaha yang berada di bak terbukanya pun menjadi hadiah saat itu.

Sekujur bodinya yang berlabr warna kuning membuatnya semakin serasi bila dipasangkan dengan Yamaha pada saat itu. Bahkan majalah kenamaan Hot Rod Custom pun pernah membuat versi van dari pikap Yamahauler sebagai hadiah dari sebuah kontes yang diselenggarakan oleh Yamaha pada tahun 1972.(Aditya Pratama Niagara)

%d blogger menyukai ini: