21 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kampus Taiwan Bantah Lakukan Eksploitasi Mahasiswa Indonesia

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Universitas Sains dan Teknologi Hsin Wu di Taiwan membantah melakukan pemagangan ilegal dan eksploitasi manusia, termasuk mahasiswa Indonesia. Institusi itu menegaskan telah mengelola kampus dengan benar.

“Mahasiswa baru tidak melakukan pelanggaran dalam pemagangan dan tuduhan tersebut tidak mendasar di mana mahasiswa dilaporkan telah melanggar peraturan pada tahun pertama perkuliahan,” demikian keterangan tertulis Universitas Sains dan Teknologi Hsin Wu, melalui Taiwan Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta, Jumat 4 Januari 2019.

© VIVA Ilustrasi pendidikan.

Menurut pihak kampus, selain liburan musim dingin dan musim panas, para mahasiswa bekerja dalam kelompok tidak lebih dari 20 jam per pekan dan sesuai dengan prosedur yang diperlukan.

Prosedur tersebut antara lain seperti pengajuan izin kerja, asuransi kesehatan dan tenaga kerja, termasuk pengaturan transportasi antar jemput mahasiswa oleh kampus.

“Tahun kedua perkuliahan telah diatur sistem pemagangan. Mahasiswa tidak pernah dieksploitasi dan sangat tidak masuk akal mahasiswa untuk memasang sebanyak 30 ribu label dalam 10 jam per hari. Semua tercatat dalam absensi kehadiran dan slip gaji yang diterima selama bekerja,” tulis pernyataan tersebut.

Selain itu, pihak universitas menegaskan bahwa proses seleksi dan pendaftaran dilaksanakan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan sekolah yang menjadi mitra di Indonesia.

“Kami telah memberikan penjelasan kepada seluruh siswa bersama staf pemerintah daerah Indonesia dan melaporkan kepada gubernur Bangka. Demikian pula gubernur telah mengunjungi para mahasiswa di Taiwan dan menyatakan puas dengan program kerja sama ini,” demikian pernyataan itu. (art/Nidia Zuraya)

%d blogger menyukai ini: