27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kisruh karena Wanita Masuk Kuil Suci, Polisi India Tangkap 750 Orang

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Warga India membawa gambar Dewa Ayyappa saat demonstrasi menyusul masuknya dua wanita di kuil Sabarimala, di Kochi, Kerala, India, Rabu (2/1/2019). (AFP)

India kini tengah dihebohkan oleh aksi dua perempuan yang masuk kuil suci Hindu, yang terlarang bagi kaum hawa pada usia menstruasi.

Peristiwa itu menyebabkan aksi kerusuhan dan bentrokan terjadi sehingga mengharuskan polisi menangkap lebih dari 750 orang saat bersiap untuk membuat masalah pada Jumat (4/1/2019).

AFP mengabarkan, Kuil Sabarimala terletak di negara bagian Kerala, menyebabkan pertikaian yang berkepanjangan antara umat Hindu dan aktivis perempuan terkait akses ke kuil.

Juru bicara kepolisian Pramod Kumar mengatakan, selama bentrokan terjadi sudah lebih dari 600 orang diseret ke pusat penahanan.

“Polisi sangat waspada. Ada ketegangan tapi damai,” katanya.

Polisi telah memberlakukan larangan terhadap pergerakan masyarakat di kota Palakkad dan Kasargod, lokasi terjadinya kekerasan pada Kamis lalu.

Kemarahan warga meletus pada Rabu (2/1/2019) ketika dua perempuan usia 40-an tahun menyelinap ke kuil Sabarimala melalui pintu masuk samping untuk beribadah.

Masuknya kedua wanita tersebut merupakan momen bersejarah bagi kuil tersebut.

Untuk kali pertama perempuan usia menstruasi, yang dianggap antara 10-50 tahun, menginjakkan kaki di kuil berlapis emas di puncak bukit sejak Mahkamah Agung membatalkan larangan pada September tahun lalu.

Sebelumnya, ribuan umat Hindu sebelumnya telah berhasil mencegah perempuan mengakses kuil usai keputusan MA.

Selain memicu kemarahan sejumlah kelompok, putusan pengadilan juga menuai kecaman dari Partai Bharatiya Janata (BJP) milik Perdana Menteri Narendra Modi.

Perempuan ketiga
Satu perempuan lagi dilaporkan telah masuk ke kuil Sabrimala pada Kamis malam. Dia merupakan seorang warga Sri Lanka.

Hingga kini, total sudah ada tiga perempuan yang menginjakkan kaki di kuil tersebut.

“Dia masuk ke kuil pada kemarin malam. Dia berusia 47 tahun dan datang untuk berdoa. Kami waspada dan memantau situasi,” ucap pejabat polisi Balram Kumar Upadhyay.

Lebih lanjut, dia menyatakan situasi di kuil pada Jumat telah normal.

Sebagai informasi, perempuan dilarang masuk ke beberapa kuil Hindu di India sehingga masuknya perempuan ke kuil Sabarimala dianggal sebagai hal tabu.

Editor: Veronika Yasinta

Sumber: AFP

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: