4 Desember 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

6 Bulan Tenggelam di Danau, Mesin Mobil Ini Masih Menyala

Berita ini diberdayakan untuk tempo.co

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto

Apa jadinya jika sebuah mobil direndam di danau yang penuh lumpur? Bagaimana mesinnya? Apakah masih baik? Nah, Bengkel Garage 54 yang berbasis di Rusia ini membuktikan bahwa mesin mobil Lada Niva masih bisa bekerja dengan baik meski sempat terendam di dalam danau selama 6 bulan. Parahnya, mobil itu juga melewati musim dingin dengan air danau yang membeku.

Dari sisi bentuk, bisa dikatakan mobil Lada Niva buatan Rusia ini sudah tak berbentuk. Atapnya ringsek. Interionya juga berantakan penuh lumpur. Para mekanik di Garage 54 tidak peduli dengan penampilan Lada, karena mereka hanya ingin melihat apakah mesin bisa menyala.

Mesin tersebut bagian luarnya penuh lumpur. Saat mobil diangkat dan mesin berusaha dihidupkan dengan accu baru, air campur oli muncrat dari lubang busi. Para mekanik harus melepaskan busi dan memutar engkol untuk memompa air keluar dari dalam silinder. Oli diganti dengan yang baru. Karburator juga dibongkar dan dibersihkan. Busi diganti baru, lalu kabel busi dibersihkan dengan kompresor. Hebatnya, sistem pengapian cukup kuat untuk menghasilkan percikan di busi setelah mengeringkannya.

Setelah sekitar satu jam bekerja, mesin itu bisa kembali hidup. Namun, sistem pengiriman bahan bakar yang ditembak dengan memasang tangki bensin sementara dari botol plastik sempat tersendat. Tapi usaha itu tidak benar-benar bekerja secara maksimal. Mesin mobil beberapa kali kembali mati setelah menyala beberapa saat.

Tak lama setelah menuai banyak usaha untuk memperbaiki sistem pengisian bahan bakar, mesin Lada kembali menyala dan bisa bekerja dengan baik. Jika atap yang remuk ini dipotong, tim Garage 54 mungkin dapat mengubahnya menjadi mobil off road.

MOTOR1

%d blogger menyukai ini: