27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

10 Smartphone yang Paling Ditunggu di 2019

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

© Disediakan oleh Kumparan Samsung Galaxy Note9

Tahun 2019 baru saja memasuki babak awal. Persaingan di industri smartphone global diperkirakan bakal semakin panas di Tahun Babi Tanah ini.

Terlebih, dijadwalkan akan ada banyak produk baru yang diluncurkan pada 2019 oleh berbagai vendor smartphone besar.

Diperkirakan pada tahun ini akan ada sejumlah tren baru dalam dunia smartphone. Sebut saja persaingan jumlah kamera dalam sebuah smartphone masih akan terus terjadi. Tidak hanya itu, akan ada kalanya kamera ‘lubang’ di layar depan juga menjadi marak sepanjang 2019.

Salah satu teknologi yang sempat diperkenalkan pada akhir 2018, yaitu smartphone lipat, diyakini bakal meramaikan pasar smartphone pada 2019. Digadang-gadang vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, bakal menjadi pelopor teknologi baru ini.

Menarik untuk mengintip apa saja smartphone yang paling dinantikan pada tahun 2019 ini. Simak daftarnya berikut ini dan semoga bisa menjadi panduan bagi kamu yang sudah berencana ganti smartphone baru pada tahun ini.

  1. Samsung Galaxy S10
© Disediakan oleh Kumparan Bocoran Samsung Galaxy S10

Smartphone satu ini sudah pasti menjadi salah satu topik utama dalam pembahasan smarpthone yang paling dinantikan pada 2019. Samsung diprediksi akan mengumumkan tiga varian Galaxy S10 yang berbeda. Ketiganya bisa mengadopsi cip prosesor baru lebih kuat dan tentunya membuat kinerjanya jadi lebih cepat dibandingkan seri Android unggulan 2018.

Berikut ini rumor spesifikasi Samsung Galaxy S10 yang telah beredar.

Galaxy S10 versi harga terjangkau, nama kode “Beyond 0”

  • Layar berukuran 5,8 inci
  • Pemindai sidik jari posisi-samping
  • Kamera tunggal
  • Kamera selfie tunggal

Galaxy S10 standar, nama kode “Beyond 1”

  • Layar desain Infinity Display melengkung berukuran 6,1 inci
  • Pemindai sidik jari dalam layar
  • Kamera selfie tunggal
  • Kamera belakang ganda (Biasa, telephoto)

Galaxy S10 Plus, nama kode “Beyond 2”

  • Layar Infinity Display melengkung berukuran 6,44 inci
  • Pemindai sidik jari dalam layar
  • Kamera selfie ganda
  • Tiga kamera belakang (Biasa, telephoto, sudut pandang lebar)
  1. Samsung Flex
© Disediakan oleh Kumparan Gadget Samsung dengan layar lipat Infinity Flex Display

Selain seri Galaxy S dan Note, Samsung juga kabarnya akan menghadirkan seri smartphone terbaru yang merujuk pada produk smartphone layar lipat dalam jajaran kelas flagship. Ada kemungkinan Samsung akan menamakan smartphone layar lipatnya sebagai seri Flex.

Samsung telah memberi bocoran sekilas dari smartphone lipat pertamanya pada akhir 2018 di ajang Samsung Developer Conference, dan pada saat itu perangkat tersebut benar-benar terlihat seperti produk revolusioner.

Desain yang diperlihatkan Samsung mencakup ponsel yang lebih tebal daripada smartphone saat ini, tetapi memiliki bentuk persegi panjang yang sama dengan layar seperti telepon tradisional. Tetapi ketika tidak dilipat akan muncul tampilan baru, seperti tablet.

  1. Nokia 9 PureView

Nokia yang kini berada di bawah bendera HMD Global dirumorkan bakal merilis smartphone dengan lima kamera belakang yang kabarnya bakal diberi nama Nokia 9 PureView. Jika Nokia 9 PureView benar-benar dirilis dengan lima kamera belakang, maka smartphone ini akan menjadi smartphone dengan kamera terbanyak di dunia.

Bocoran kehadiran Nokia PureView pun sudah tersebar. Sosok yang terkenal sering memberikan bocoran seputar gadget dan smartphone, Evan Blass, mengunggah foto wujud Nokia 9 PureView di akun Twitter resminya.

Kemampuan lima kamera pada Nokia 9 rumornya adalah bisa melakukan lima pengambilan gambar serentak. Selain itu, kamera Nokia 9 juga disebut mengalami peningkatan efisiensi dalam situasi rendah cahaya dan kemampuan untuk mengatur fokus foto setelah foto diambil.

  1. Huawei P30 dan P30 Pro
© Disediakan oleh Kumparan Bagian belakang Huawei P20 Pro

Setelah sukses dengan seri P20 Pro, vendor smartphone Huawei akan kembali meneruskan jejaknya ke generasi terbaru dengan nama P30 dan P30 Pro. Diharapkan Huawei kembali menghadirkan produk smarpthone yang inovatif untuk seri ini.

Sebelumnya seri P20 Pro menjadi produk inovatif dengan menerapkan tiga kamera belakang pertama di dunia. Banyak yang berharap Huawei mampu mengadopsi sistem pengenalan wajah baru dan sistem keamanan sidik jari di layar.

P20 Pro saat ini masih menjadi pemuncak peringkat smartphone dengan kamera terbaik di DxOMark. Tentunya konsumen menaruh ekspektasi kamera P30 bakal lebih baik nantinya.

  1. Samsung Galaxy Note 10
© Disediakan oleh Kumparan Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 meraih sambutan yang baik dari pasar smartphone global. Tidak terlalu banyak perubahan yang dibawa Galaxy Note 9 dibandingkan pendahulunya. Oleh karena itu, Samsung diharapkan dapat sesuatu yang beda di Galaxy Note 10.

Galaxy Note 9 mengusung kapasitas baterai yang cukup besar dan dipromosikan sebagai smartphone yang kuat untuk bermain game. Lalu bagaimana dengan Galaxy Note 10? Apakah bakal didapuk sebagai smartphone gaming oleh Samsung?

Sejauh ini belum ada banyak rumor terkait spesifikasi Galaxy Note 10. Kemungkinan memasuki pertengahan tahun 2019 kita akan mendengar banyak bocoran tentang spesifikasi smartphone layar besar Samsung satu ini.

  1. Xiaomi Pocophone F2
© Disediakan oleh Kumparan Pocophone F1

Di Indonesia, Xiaomi Pocophone F1 mendapatkan sambutan hangat di pasar. Itu dikarenakan Pocophone F1 mampu menghadirkan spesifikasi kelas premium dengan harga terjangkau.

Jelang berakhirnya tahun 2018, sudah santer terdengar tentang kehadiran generasi penerusnya yaitu Pocophone F2.

Belum ada informasi lebih lanjut tentang kapan smartphone ini bakal diluncurkan, termasauk spesifikasinya. Tapi tentunya para penggemar Xiaomi alias Mi Fans berharap smartphone itu akan kembali tersedia dalam harga yang terjangkau, tapi spesifikasi yang makin canggih.

  1. Apple iPhone edisi 2019
© Disediakan oleh Kumparan iPhone XS

Walau dalam pemberitaan terbaru permintaan terhadap iPhone melemah belakangan ini, tetapi kehadiran iPhone baru pada 2019 pasti tetap dinantikan.

Terlalu dini untuk memperkirakan apa yang Apple siapkan untuk para Apple Fanboy pada 2019 ini, tetapi diharapkan Apple tetap menghadirkan produk dengan berbagai harga.

Apple memiliki tim perangkat kerasnya sendiri yang membuat cip prosesor smartphone tercepat di dunia.

Selain itu patut dinantikan bagaimana desain yang dianut oleh iPhone baru yang akan dirilis tahun ini. Apakah masih dengan notch, atau memiliki hal yang baru?

  1. Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL
© Disediakan oleh Kumparan Google Pixel 3 XL

Kurang hangatnya sambutan saat peluncuran Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL diharapkan tidak akan terjadi lagi di generasi penerusnya. Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL yang diprediksi bakal hadir tahun ini diharapkan dapat membawa sejumlah perubahan yang tidak hanya fokus pada kamera dan perangkat lunaknya saja, tapi juga desain yang baru serta dukungan produk Google lainnya.

Salah satu kelemahan dari smartphone Pixel 3 adalah desainnya yang biasa saja dan membosankan.

Tapi hal terbesar tentang hadirnya Google Pixel baru adalah ketersediaan. Google diharapkan untuk mulai menggarap serius ponselnya dan membuatnya tersedia di lebih banyak negara, termasuk Indonesia.

  1. Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro
© Disediakan oleh Kumparan Huawei Mate 20

Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro baru saja meluncur di Indonesia pada penghujung tahun 2018. Sambutan untuk smartphone flagship anyar dari Huawei ini terbilang positif.

Dan seperti biasa, Huawei selalu memperkenalkan seri Mate terbaru setiap tahunnya. Dan untuk tahun ini, tampaknya penerus dari Mate 20 bakal diberi nama Mate 30.

Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro diharapkan membawa sejumlah teknologi terkini yang bakal menjadi tren selama 2019. Perihal kamera, Huawei diminta untuk tetap mempertahankan kerjas amanya dengan Leica untuk membuat sistem kamera yang baru dan hasil yang lebih maksimal.

  1. Xiaomi Mi Mix 4
© Disediakan oleh Kumparan Xiaomi Mi Mix 3

Tahun ini Xiaomi bersiap kembali melakukan manuver untuk menghadirkan smartphone flagship di kelas high end. Rumor yang beredar mengatakan smartphone andalan baru Xiaomi pada 2019 adalah Mi Mix 4.

Diperkirakan smartphone ini bakal diluncurkan pada akhir 2019 dan tetap mengandalkan desain layar penuh atau bezel-less, seperti pendahulunya.

Salah satu fitur yang akan ditingkatkan oleh Xiaomi untuk Mi Mix 4 tampaknya adalah sektor kamera. Selain itu, patut dinantikan bagaimana Xiaomi akan menempatkan kamera depannya pada Mi Mix 4.

Apakah bakal menggunakan lubang kamera di layar atau memakai mekanisme slider? Kita lihat jawabannya nanti.(Bianda Ludwianto)

%d blogger menyukai ini: