24 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Diyakini Bawa Hoki di Tahun Baru

Berita ini diberdayakan untuk viva.co.id

Ilustrasi Delima

© VIVA Ilustrasi Delima

Dalam hitungan jam, tahun 2018 akan segera berganti. Berbagai rencana perayaan tahun baru pun sudah disusun sejak lama. Mulai berlibur ke berbagai destinasi, hingga menyusun pesta kembang api. 

Tetapi tidak hanya itu saja, pada perayaan tahun baru, seluruh orang di belahan dunia juga merayakan tahun baru dengan mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Biasanya makanan dan minuman yang mereka konsumsi itu pun melambangkan kemakmuran, keberuntungan dan masih banyak lagi. 

Dilansir dari Laist, berikut ini lima makanan wajib dikonsumsi saat tahun baru yang dianggap membawa keberuntungan. 

1. Ozoni

© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Di Jepang, hidangan keberuntungan untuk oshogatsu (tahun baru) adalah ozoni. Ozoni adalah sajian kaldu dashi dengan fish cake, sayuran dan kue beras kenyal yang dikenal sebagai mochi. 

Sajian Ozoni diketahui bervariasi dari satu daerah ke daerah lain, tetapi Saveur mengatakan tradisi mochitsuki melibatkan “memukul-mukul ketan yang diletakkan dalam mortar granit secara bersamaan” sementara seseorang memutar mochi di antara setiap pukulan. 

2. Buñuelos

© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Di Meksiko, terutama di Oaxaca, tahun baru selalu tersedia  buñuelos, gorengan renyah yang ditaburi gula kayu manis atau ditaburi sirup manis. Kadang-kadang, setelah orang memakan buñuelo, mereka akan menghancurkan piring itu untuk melambangkan mengubur masa lalu.

3. Oliebollen

© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Oliebollen, yang secara harfiah berarti bola minyak, adalah suguhan tradisional Belanda.  Pada dasarnya oliebollen merupama lubang donat padat, yang kadang-kadang dipenuhi dengan kismis, dan ditutupi dengan gula bubuk. Di Belanda, mereka dimakan pada Malam Tahun Baru, dan seringkali dibj dari gerobak makanan keliling.

4. Delima

© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Dalam tradisi Yunani, orang menggantung buah delima, simbol kesuburan dan kemakmuran, di atas pintu depan mereka. Pada tengah malam pada Malam Tahun Baru, mereka menghancurkan buah itu di pintu. Semakin banyak biji rontok, semakin banyak keberuntungan dan kesuburan yang mereka miliki.

5. Kue Beras Ketan

© Disediakan oleh PT VIVA MEDIA Baru

Pada masyarakat Vietnam, yang dirayakan pada bulan Februari, orang sering makan bánh ch?ng dan bánh tét, kue beras  yang diisi dengan daging atau kacang dan dibungkus dengan daun. Bánh ch?ng berbentuk persegi, untuk mewakili Bumi, sementara bánh tét berbentuk silinder, untuk mewakili bulan. Makanan tahun baru lainnya termasuk daging babi, beras ketan merah (merah dianggap sebagai warna keberuntungan) dan buah manisan kering yang dikenal sebagai m?t.(ldp/Anisa Widiarini, Isra Berlian)

%d blogger menyukai ini: