28 September 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Kumpulan Komparasi Xpander, Ertiga, Hingga Rush

Kumparan

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Low multi purpose vehicle (MPV) masih menjadi segmen kendaraan roda empat paling gemuk di Indonesia tahun 2018 ini. Kehadiran Mitsubishi Xpander di pertengahan tahun 2017 membuat persaingan makin seru. 

Selain itu, persaingan segmen low sport utility vehicle (SUV) juga tak kalah seru. Hadirnya Toyota Rush dan Daihatsu Terios sukses mengubah peta persaingan. Honda BR-V yang sempat jaya pun terpukul. 

Mobil Mitsubishi Xpander

© Disediakan oleh Kumparan Mobil Mitsubishi Xpander

kumparanOTO pun sempat membuat komparasi mobil-mobil di dua kelas tersebut. Untuk mengingatkan ingatan dan menjadi referensi Anda, berikut adalah komparasi low MPV dan low SUV yang jadi sorotan sepanjang tahun 2018. 

Mitsubishi Xpander vs all new Suzuki Ertiga

Sebagai anak baru yang naik daun, lawan Mitsubishi Xpander bukan hanya sang pemegang takhta low MPV, Toyota Avanza tapi sang kuda hitam macam Suzuki Ertiga. 

Hadirnya all new Suzuki Ertiga di semester pertama tahun 2018 membuat persaingan keduanya sempat menjadi sorotan.

Komparasi Suzuki Ertiga vs Mitsubishi Xpander

© Disediakan oleh Kumparan Komparasi Suzuki Ertiga vs Mitsubishi Xpander

Suzuki Ertiga hadir sebagai pilihan yang lebih ramah kantong jika dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander.

Meski secara performa penjualan selama Januari sampai Desember 2018, harus diakui kalau all new Suzuki Ertiga (29.249 unit) masih tertinggal cukup jauh dibanding Mitsubishi Xpander (71.219 unit).

Mitsubishi Xpander vs Wuling Cortez

Awal tahun 2018, segmen low MPV mendapat lawan baru, Wuling Cortez. Masuk di segmen MPV kelas menengah, mobil yang satu ini ditawarkan dengan harga dan spesifikasi yang bersaing dengan model-model kendaraan low MPV yang ada di pasaran.

Wuling Cortez vs Mitsubishi Xpander

© Disediakan oleh Kumparan Wuling Cortez vs Mitsubishi Xpander

Meski menawarkan fitur yang lengkap, status Wuling yang masih sangat baru di dunia otomotif lokal, membuat performa jualan mereka masih jauh jika dibandingkan dengan kompetitor lain. Wuling Cortez sampai November 2018 baru mencatatkan angka penjualan 4.652 unit.

Mitsubishi Xpander vs all new Toyota Rush

Desain Mitsubishi Xpander sebagai low MPV dengan rasa SUV terbukti sukses menarik minat masyarakat yang jenuh dengan desain mobil keluarga yang begitu-begitu saja.

Menariknya, sang pemimpin pasar, Toyota pun seperti sadar akan tren MPV rasa SUV ini. Namun bukannya Toyota Avanza yang disulap, tapi mereka melawan Mitsubishi Xpander dengan Toyota Rush (dan kembarannya Daihatsu Terios). Memang mobil yang satu ini lebih condong dikategorikan masuk di segmen sport utility vehicle (SUV), namun ubahan besar-besaran pada akhir tahun 2017 lalu membuat Toyota Rush teranyar menjadi antitesis Mitsubishi Xpander, SUV dengan rasa MPV.

Tidak heran kalau secara spesifikasi dan fitur keduanya pun tidak berbeda terlalu jauh. Hal ini akan lebih mudah terlihat jika keduanya disejajarkan secara head to head.

All New Toyota Rush vs All New Daihatsu Terios

© Disediakan oleh Kumparan All New Toyota Rush vs All New Daihatsu Terios

Menariknya bicara soal performa penjualan pun all new Toyota Rush bisa dibilang moncer, berkat model SUV dengan rasa MPV ini catatan penjualan 49.650 unit berhasil dibukukan selama Januari sampai November 2018. Angka ini sendiri naik lebih dari dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun 2017 ketika model Toyota Rush masih berkonde.

All new Toyota Rush vs all new Daihatsu Terios

Persaingan saudara kembar ini ternyata tidak kalah menariknya. Dihasilkan dari DNA dan pabrik yang sama keduanya tentu mempunyai spesifikasi yang hampir sama persis. Soal fitur dan beberapa detail saja yang sedikit berbeda.

Perdebatan mana yang lebih baik pun sempat ramai diperbincangkan. Namun kalau mau menakar dari segi jualan, all new Daihatsu Terios dengan catatan 29.113 unit dari Januari sampai November 2018 masih kalah jauh dibanding kembarannya.

All new Toyota Rush vs Honda BR-V

Lawan seimbang Toyota Rush sebenarnya adalah Honda BR-V yang sama-sama mengaplikasikan SUV dengan rasa MPV berkapasitas 7-penumpang. Secara spesifikasi keduanya pun bisa dibilang setara meski secara fitur Toyota Rush, yang lebih baru bisa dibilang sedikit lebih unggul.

Komparasi all new Toyota Rush dan Honda BR-V.

© Disediakan oleh Kumparan Komparasi all new Toyota Rush dan Honda BR-V.

Namun kalau mau bicara angka penjualan boleh dibilang Honda BR-V mengenaskan karena tertinggal jauh dibanding all new Toyota Rush. Selama 11 bulan tahun 2018, angka wholesales-nya hanya 7.021 unit alias sekitar 1/7 dari Toyota Rush baru.(Alfons Hartanto)

%d blogger menyukai ini: