1 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Tilik 15 Gejala Kanker yang Biasa Terjadi pada Pria

Berita ini diberdayakan untuk tempo.co 

foto

© Copyright (c) 2016 TEMPO.CO foto

Kanker kembali merenggut korban. Musisi Dian Pramana manaPutra meninggal pada Kamis, 27 Desember 2018 sekitar pukul 20.50 WIB, setelah berjuang melawan penyakit kanker darah yang dideritanya. Terkait kanker pada pria, gejala apa sebenarnya yang bisa dikenali secara dini?

Salah satu cara terbaik untuk melawan kanker adalah dengan mendeteksinya pada tahap awal, ketika penyakit ini lebih dapat diobati. Masalahnya adalah bahwa tak semua tanda-tanda tersebut bisa dikenali dengan mudah. 

Namun, berikut ini ada 15 tanda dan gejala yang bisa dijadikan pegangan untuk mendeteksi kanker, terutama pada pria.

1. Masalah Saat Kencing

Banyak pria mengalami masalah kencing saat mereka semakin bertambah usianya. Misalnya, kencing lebih sering terutama di malam hari, kebutuhan kencing yang tiba-tiba, alirannya terasa lemah, dan ada sensasi terbakar ketika buang air kecil.

Gejala tersebut biasanya menandakan kelenjar prostat yang membesar, mungkin juga bisa kanker prostat. Pastikan segera masalahnya dengan berkonsultasi pada dokter.

2. Perubahan pada testis

“Jika Anda melihat adanya benjolan, berat, atau perubahan lain pada testis Anda, jangan pernah menunda untuk memeriksanya,” Herbert Lepor,ahli urologi dari New York University Langone Medical CenterMedical Center. “Tidak seperti kanker prostat, yang tumbuh lambat, kanker testis dapat lepas landas dalam semalam.” Dokter Anda akan memastikan kondisinya dengan pemeriksaan fisik, tes darah, dan USG skrotum Anda.

3. Darah di Kencing atau Kotoran

Ini bisa menjadi salah satu tanda pertama kanker kandung kemih, ginjal, atau usus besar. Segeralah memeriksakan diri ke rumah sakit. kata LeporLepor. Meskipun Anda lebih cenderung memiliki masalah yang bukan kanker, seperti wasir atau infeksi saluran kemih, penting untuk menemukan dan mengobati penyebabnya.

4. Perubahan KulitKetika Anda melihat perubahan ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat atau bintik lain pada kulit Anda, temui dokter Anda sesegera mungkin. Bintik-bintik yang baru atau terlihat berbeda adalah tanda-tanda utama kanker kulit. Anda akan memerlukan tes dan mungkin biopsi, yang berarti dokter mengeluarkan sedikit jaringan kulit Anda untuk pengujian. demikian disebutkan Marleen Meyers,seorang ahli onkologi di NYU Perlmutter Cancer Center.

5. Perubahan pada Kelenjar Getah BeningKelenjar kecil berbentuk kacang yang ditemukan di leher, ketiak, dan tempat-tempat lain, sering menandakan bahwa ada sesuatu yang terjadi di tubuh Anda. Biasanya, itu berarti sistem kekebalan tubuh Anda sedang berjuang melawan sakit tenggorokan atau pilek, tetapi kanker tertentu juga dapat memicu perubahan. Mintalah dokter Anda memeriksa adanya pembengkakan yang tidak membaik dalam 2 hingga 4 minggu, kata Meyers.

Berikutnya, apa yang terjadi jika susah menelan atau perut terasa mulas?

6. Kesulitan MenelanBeberapa orang mengalami kesulitan menelan dari waktu ke waktu. Tetapi jika masalah Anda tidak hilang dan Anda juga kehilangan berat badan atau sering muntah, dokter Anda mungkin perlu memeriksa kemungkinan kanker di tenggorokan atau perut Anda.

7. MulasAnda dapat menangani sebagian besar kasus mulas dengan perubahan pola makan, kebiasaan minum, dan tingkat stres. Jika itu tidak membantu, minta dokter Anda untuk memeriksa gejala tersebut. Mulas yang tidak kunjung sembuh atau memburuk bisa berarti kanker perut atau tenggorokan. Mulas juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut Barrett’s esophagus, yang terjadi ketika asam lambung merusak lapisan esofagus. Meskipun jarang, Barrett dapat membuat Anda lebih rentan terkena kanker tenggorokan.

8. Perubahan MulutJika Anda merokok atau mengunyah tembakau, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker mulut. Awasi tambalan putih, merah, abu-abu atau kuning di dalam mulut Anda atau di bibir Anda. Anda juga bisa mengembangkan sariawan yang terlihat seperti bisul dengan rongga di dalamnya. Bicaralah dengan dokter atau dokter gigi tentang tes dan perawatan.

9. Penurunan Berat Badan Tanpa sebabCelana pas sedikit longgar? Jika Anda belum mengubah pola makan atau olahraga, itu bisa berarti stres atau masalah tiroid semakin parah. Tetapi kehilangan 4,5 Kg atau lebih tanpa berusaha bukanlah hal yang normal. Meskipun sebagian besar penurunan berat badan yang tidak disengaja bukanlah kanker, itu adalah salah satu tanda kanker pankreas, lambung, atau paru-paru. Dokter Anda dapat mencari tahu lebih banyak dengan tes darah dan alat-alat yang membuat gambar detail bagian dalam tubuh Anda, seperti CT scan atau PET.

10. Demam

Demam biasanya bukan hal yang buruk – itu berarti tubuh Anda sedang melawan infeksi. Tetapi satu yang tidak akan hilang dan tidak memiliki penjelasan dapat menandakan leukemia atau kanker darah lainnya. Dokter Anda harus mengambil riwayat kesehatan Anda dan memberi Anda pemeriksaan fisik untuk memeriksa penyebabnya.

Berikutnya, apa hubungannya kelelahan, perubahan payudara dengan kanker pada pria?

11. Perubahan Payudara 

Pada 2017 saja, 2.470 pria didiagnosis menderita kanker payudara. “Pria cenderung mengabaikan benjolan payudara karena kanker payudara tidak ada dalam radar mereka,” kata MeyersMeyers. Jadi jangan heran jika kanker payudara pada pria kebanyak terdeteksi dengan stadium tinggi. Karena itu Jangan ambil risiko. Jika Anda menemukan benjolan, beri tahu dokter Anda dan memeriksanya. Deteksi dini adalah kunci keberhasilan perawatan.

12. Kelelahan 

Banyak jenis kanker menyebabkan keletihan tulang yang dalam yang tidak pernah membaik, tidak peduli berapa banyak istirahat yang Anda dapatkan. Ini berbeda dari kelelahan yang Anda rasakan setelah seminggu yang sibuk atau banyak kegiatan. Jika kelelahan mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, bicarakan dengan dokter Anda. Dia dapat membantu Anda menemukan penyebabnya dan memberi tahu Anda jika ada cara untuk mengobatinya

13. Batuk 

Pada yang bukan perokok, batuk yang mengganggu biasanya bukan kanker. Sebagian besar hilang setelah 3 hingga 4 minggu. Jika Anda terus batuk, dan Anda kehabisan napas atau batuk darah, jangan menunda kunjungan ke dokter Anda, terutama jika Anda merokok. Batuk adalah tanda paling umum kanker paru-paru. Dokter Anda dapat menguji lendir dari paru-paru Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki infeksi. Ia mungkin juga meminta Anda rontgen dada untuk memeriksa masalah lain.

14. Nyeri

Kanker tidak menyebabkan sakit dan kesakitan, tetapi jika Anda sakit selama lebih dari sebulan, jangan hanya menyeringai. Rasa sakit yang sedang berlangsung dapat menjadi sinyal dari banyak jenis kanker, termasuk kanker tulang atau otak, terutama yang telah menyebar, kata Lepor. Lepor.

15. Sakit Perut dan Depresi

Ini jarang terjadi, tetapi depresi bersama dengan sakit perut dapat menjadi tanda kanker pankreas. Haruskah khawatir? Tidak, kecuali jika kanker ini menyerang keluarga Anda, kata MayersMeyers. Maka Anda perlu segera menemui dokter untuk berkonsultasi.

WEBMD | HEALTHLINE

%d blogger menyukai ini: