22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

7 Street Food yang Sering Diburu Wisatawan Saat Berlibur di Jepang

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Taiyaki khas Jepang

© Disediakan oleh Kumparan Taiyaki khas Jepang

Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang sering diburu para wisatawan. Selain karena memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, negara yang sering dijuluki sebagai matahari terbit itu memiliki ragam kuliner yang enak dan juga unik. 

Nah, dari sederet kuliner yang ada, salah satu yang sering diburu oleh para wisatawan saat berlibur ke Jepang adalah street food. Selain karena harganya yang murah, sensai mencicipi street food dari negara asalnya itu menjadi salah satu pengalaman tersendiri.

Ingin tahu street food yang sering diburu wisatawan saat berlibur ke Jepang? Yuk, simak ulasannya seperti dikutip dari Times of India berikut ini. 

1. Yakitori

Ilustrasi Yakitori

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Yakitori

Yakitori merupakan salah satu street food yang paling klasik dan populer di kalangan wisatawan. Sate ala Jepang ini terdiri dari potongan daging ayam berupa kulit, hati, hingga daging yang ditusuk seperti sate dan dibakar di atas arang. Agar cita rasanya semakin nikmat, yakitori biasanya disajikan dengan berbagai bumbu, seperti wasabi, mustard jepang, garam, hingga saus Tare. 

Satu tusuk yakitori biasanya dijual dengan harga 70 Yen atau setara Rp 9.000. Kamu juga bisa menemukan kuliner ini di seluruh penjuru Jepang, namun beberapa tempat yang terkenal menjual yakitori lezat adalah Sugamo, Yanaka, dan Ameya Yokocho. 

2. Takoyaki

Takoyaki, makanan yang menjadi ikon Osaka

© Disediakan oleh Kumparan Takoyaki, makanan yang menjadi ikon Osaka

Siapa yang enggaktahu dengan takoyaki? Camilan khas Jepang berupa bola-bola kecil yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan potongan gurita atau tempura hingga daun bawang itu memang cukup populer di Indonesia. 

Jika kamu ingin mencicipi camilan ini di negara asalnya, siapkan uang berkisar 300-500 Yen atau setara Rp 40 – 65 ribu ya! Tak hanya itu kamu juga bisa dengan mudah menemukan takoyaki saat jalan-jalan ke wilayah mana pun di Jepang. 

3. Taiyaki

Taiyaki khas Jepang

© Disediakan oleh Kumparan Taiyaki khas Jepang

Panekuk berbentuk ikan yang satu ini juga menjadi salah satu street food yang banyak diburu wisatawan saat berlibur ke Jepang. Taiyaki umumnya berisi pasta kacang hingga cokelat. Namun kini, banyak penjual menyajikan taiyaki dengan beragam varian es krim 

4. Okonomiyaki

Ilustrasi Okonomiyaki

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Okonomiyaki

Sama seperti takoyaki, okonimiyaki juga menjadi salah satu camilan khas Jepang yang cukup populer di Indonesia. Karena itulah, tak heran banyak wisatawan memburu camilan ini di negara asalnya. 

Okonomiyaki sendiri biasanya terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng di atas teppan. Setelah itu, adonan akan diberi irisan kol, telur ayam, ikan, daging sapi, hingga aneka olahan laut sesuai selera. Dituang dengan saus mayonnaise khas Jepang dan taburan Bonito, okonimiyaki menjadi salah satu hidangan street food yang tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Jepang.

5. Yakisoba

Ilustrasi Yakisoba

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Yakisoba

Yakisoba merupakan salah satu hidangan yang mudah ditemui di pinggir jalan Jepang. Umumnya hidangan ini terbuat dari mi gandum, kol, sayur-sayuran, hingga daging. Bahan lain yang ditambahkan pada yakisoba misalnya bawang bombay, wortel, benishoga, tenkasu, udang kering, bubuk katsuobushi, aonori hingga mayonnaise membuat hidangan ini menjadi semakin lezat.

6. Yaki Imo

Ilustrasi Yaki Imo

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi Yaki Imo

Yaki imo merupakan sajian ubi panggang yang memiliki rasa manis layaknya karamel. Hidangan yang cocok disantap saat musim dingin ini biasanya dijual di gerobak atau mobil yang sudah dimodifikasi. Para penjual yaki imo biasanya menjajakan daganganya sambil meneriakan “yaki imo…yaki imo…” secara berulang kali. Sama seperti hidangan street food lain, yaki imo juga cukup mudah ditemui di seluruh wilayah Jepang.

7. Dango

Dango

© Disediakan oleh Kumparan Dango

Dango merupakan kue Jepang yang terbuat dari tepung beras lalu dibentuk bulat seperti bola. Setelah dibentuk, adonan dango lalu ditusuk seperti halnya sate dan dibakar di atas pemanggang yang kemudian diolesi kecap, gula, dan mirin.

Dango umumnya dinikmati bersama dengan teh hijau dan bisa kamu temukan di mana pun dan kapan pun. 

Itulah tujuh street food yang banyak diburu wisatawan saat berlibur ke Jepang. Dari ketujuh street food tadi, mana yang paling ingin kamu cicipi?(Mela Nurhidayati Syamsiyah)

%d blogger menyukai ini: