23 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Pohon Natal dari 1.000 Ponsel Xiaomi Mi Play Pecahkan Rekor Dunia

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaPohon natal Xiaomi yang disusun dari smartphone Mi Play dan pecahkan Guiness Book of RecordGiz 

Xiaomi kembali memecahkan rekor. Namun, rekor ini bukan berkaitan dengan penjualan tercepat, melainkan rekor pembuatan mosaik elektronik berbentuk pohon Natal yang disusun dari perangkat ponsel terbarunya, Mi Play.

Vendor asal China itu menyusun 1.008 unit smartphone Mi Play menjadi pohon Natal setinggi delapan meter. Masing-masing layar smartphone menampilkan bagian gambar yang secara keseluruhan membentuk visual utuh berupa animasi.

Pohon Natal mosaik ala Xiaomi tersebut memecahkan rekor dunia Guiness World Record sebagai dynamic display terbesar yang dibuat dengan smartphone, mengalahkan rekor sebelumnya yang tersusun dari 504 ponsel atau persis setengah dari bikinan Xiaomi. 

Tak sekadar pajangan, pohon Natal ini juga menjadi titik hotspot terbesar di sebuah mal di Kota Beijing tempatnya didirikan, yang sekaligus merupakan venue peluncuran Mi Play 24 Desember lalu.

Menurut CEO Xiaomi, Lei Jun, pembuatan pohon Natal Mi Play tersebut membutuh waktu sekitar 12 jam. Penyusunan mulai dilakukan pukul 04.00 pagi dan selesai pukul 16.00 waktu setempat.

Proses persiapannya sebelum itu memerlukan waktu sekitar dua minggu.

Lei Jun mengatakan bahwa tantangan dalam menyusun pohon Natal ini adalah sulitnya menghubungkan layar-layar ponsel ke dalam sebuah matriks gabungan dan memastikan bahwa semua ponsel tersinkronisasi 100 persen.

Dilansir KompasTekno dari GizChina, Rabu (26/12/2018), ide serupa  juga pernah dilakukan Sony dan sebuah perusahaan asal Turki, Vestel.

Saat agenda Mobile World Congress 2013 lalu, Sonymenggunakan 196 unit Sony Xperia ZL untuk mebuat animasi ponsel mosaik berukuran 1,8 meter 2 inci kali 0,9 meter empat inci. Mosaik dari ponsel ini juga mencatatkan rekor dunia saat itu.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaLampu logo Xiaomi pecahkan rekor duniaGiz China

Sebelum pohon Natal mosaik, Xiaomi lebih dulu mencatatkan dua rekor Guiness Book tahun ini. Bulan September lalu, Xiaomi membuat lampu logo “Mi” terbesar yang tersusun dari 9.690 lampu warna putih dan oranye.

Logo mosaik raksasa tersebut dipasang di teras markas Xiaomi di Bengaluru, India. Kemudian bulan November, Xiaomi juga mencatatkan rekor lain dengan membuka 500 Mi Store secara serentak di India.

Penulis: Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Editor: Oik Yusuf

Sumber: GizChina

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: