29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Google Home Jadi Speaker Pintar Terbaik

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaGoogle HomeGoogle Blog

Sebuah perusahaan riset, Loup Ventures, menobatkan Google Home sebagai speaker paling cerdas di tahun 2018 ini. Predikat ini diberikan setelah melakukan serangkaian penelitian dan uji coba.

Dalam penelitiannya, ada beberapa perangkat yang diuji yakni Google Home, Apple HomePod, Cortana milik Microsoft dan Echo milik Amazon.

Pengujian ini dilakukan dengan cara memberikan sebanyak 800 pertanyaan pada masing-masing perangkat. Seluruh pertanyaan tersebut dibagi menjadi lima kategori yakni Local, Commerce, Navigation, Information dan Command.

Hasilnya, Google Home menjadi perangkat yang bisa menjawab dengan tepat dengan persentase tertinggi.

Google Home menjawab 86 persen pertanyaan dengan akurat serta dapat memahami seluruh pertanyaan tanpa ada kesalahan.

Berbeda dengan Google Home, perangkat lain yang diuji kerap salah mengartikan pertanyaan yang diajukan.

Contohnya Apple HomePod. Meski dapat menjawab 75 persen pertanyaan dengan tepat, perangkat ini salah menafsirkan tiga pertanyaan yang diajukan.

Hal serupa terjadi pada Echo milik Amazon. Perangkat ini mampu menjawab 73 persen pertanyaan dengan akurat. Namun ada delapan pertanyaan yang disalahartikan oleh Echo sehingga tidak bisa menampilkan jawaban yang tepat.

Pun demikian dengan Cortana milik Microsoft. Cortana malah mendapatkan persentase jawaban paling rendah dibandingkan yang lain. Cortana menjawab 63 persen pertanyaan dengan tepat dan salah menafsirkan sebanyak lima pertanyaan.

Hasil dari seluruh pengujian ini kemudian dibandingkan dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 lalu. Melalui tabel, terlihat bahwa Apple HomePod menjadi perangkat dengan progress paling signifikan.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Sabtu (22/12/2018), Apple HomePod dapat mengungguli Google Home untuk kategori pertanyaan Command (perintah) sementara empat kategori lain dipimpin oleh Google Home.

Namun kelemahannya adalah, Apple HomePod hanya dapat digunakan dengan ekosistem milik Apple. Hal ini bisa jadi keuntungan tersendiri bagi Google yang bisa dipadankan dengan perangkat yang lebih beragam.

Sebelumnya, Loup Ventures juga melakukan riset serupa pada empat asisten digital yang berbeda-beda. Keempat asisten digital itu adalah Google Assistant, Siri, Cortana dan Alexa.

Hasilnya pun serupa. Google Assistant menjadi asisten digital yang paling cerdas.

Penulis: Yudha Pratomo

Editor: Reska K. Nistanto

Sumber: Android Authority

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: