27 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Pelayanan Terpadu TKI Hadir di Jawa Timur 2

Pelayanan Terpadu TKI Hadir di Jawa Timur 2

Pelayanan Terpadu TKI Hadir di Jawa Timur

Surabaya, TimurMerdeka.com -. Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (PTSP-P2TKI) hadir di Jawa Timur Jawa Timur. Rabu (25/10/2017),  diresmikan oleh Gubernur Jatim  H. Soekarwo.

Kantor yang masih berada di lingkungan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jatim ini akan  memberikan tujuh jenis pelayanan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang selama ini diberikanDinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans).

Di kantor pelayanan terpadu itu sudah ada loket  kependudukan, kesehatan, Polda Jatim, BPJS Ketenagakerjaan, dan imigrasi sudah tersedia loket masing-masing instansi yang berlaitan dengan kepengurusan surat-surat calon TKI.

Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim itu  menjelaskan di  tempat ini tiap hari  mampu melayani 150-200 calon TKI yang akan berurusan.

PTSP-P2TKI, merupakan solusi yang dihasilkan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), KPK RI, dan Ombudsman RI untuk memberikan pelayanan terbaik bagi TKI.

“Semoga dengan berdirinya pelayanan terpadu, segala macam urusan TKI menjadi lebih mudah, aman dan terlindungi,” ujar Pakde Karwo.

Hadirnya pelayanan terpadu ini membuat calon TKI tidak perlu menunggu berhari-hari mengurus segala prosedural ke luar negeri, mulai dari legalisasi pendaftaran, kesehatan, kependudukan hingga pembuatan paspor.

“Kalau dulu prosesnya lama, bahkan hingga 40 hari karena harus ke sana kemari, tapi sekarang cukup di satu ruangan semua terselesaikan. Hanya sehari untuk prosesnya ditambah tiga hari untuk pembuatan paspor.

Sementara  Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid mengapresiasi berdirinya pelayanan terpadu satu pintu di Jatim. Ini sangat membantu bagi  tenaga kerja.

“Tugas pemerintah memfasilitasi warga negara untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Dalam hal ini, Jatim dinilai paling tertib. Kantor ini merupakan bentuk pendekatan pemerintah memfasilitasi masyarakat khususnya TKI,” ujarnya.

Kantong-kantong  TKI di Jatim, kata Nusron diantaranya  Malang, Tulungagung, dan  Madiun.HM

%d blogger menyukai ini: