29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Pesan Uskup Agung Jelang Pemilu 2019

Berita ini diberdayakan untuk kompas.com

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo meminta masyarakat untuk berdemokrasi secara hikmat jelang Pemilihan Umum 2019 mendatang.

Suharyo menuturkan, demokrasi yang berhikmat adalah demokrasi yang tidak menjadi alat untuk merebut kekuasaan.

“Demokrasi yang berhikmat tentu saja bukan demokrasi yang instrumentalisasi agama. Agama diperalat untuk politik itu kan tidak bagus ya,” kata Suharyo dalam konferensi pers Pesan Natal 2018 di Gereja Katedral, Selasa (25/12/2018).

Suharyo juga mengimbau masyarakat tidak menyebarkan kebohongan, fitnah, dan menggunakan kekerasan dalam menyambut Pemilu 2019.

Menurut Suharyo, setiap warga sebetulnya sudah memahami hal tersebut. Hanya saja, seringkali dirusak oleh sejumlah kepentingan.

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaUskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo menyampaikan pesan Natal di Gereja Katedral Jakarta, Selasa (25/12/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D

Sementara itu, Suharyo mengingatkan pesta demokrasi mendatang tidak hanya bersifat prosedural melainkan membawa nilai-nilai demokrasi itu sendiri.

“Nilai tertinggi dalam demokrasi adalah kebaikan bersama. Siapa pun yang akan nanti menang, mestinya memperjuangkan kebaikan bersama, kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Suharyo.

Penulis: Ardito Ramadhan

Editor: Dian Maharani

Copyright Kompas.com

%d blogger menyukai ini: