29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Gubernur Wanita Pertama Meksiko Tewas Kecelakaan Pesawat

Berita ini diberdayakan untuk republika.co.id

Gubernur negara bagian Puebla pusat Meksiko, Martha Erika Alonso (45 tahun) tewas dalam kecelakaan pesawat. Tewasnya Alonso selang hanya beberapa hari setelah ia dilantik.

Suaminya yang seorang Senator Rafael Moreno Valle juga tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut. Laporan yang dilansir BBC mengatakan, kecelakaan terjadi pada Senin (24/12) tidak lama setelah setelah pesawat lepas landas dari ibu kota negara bagian Puebla. Pesawat itu diyakini berjenis helikopter.

Kematian Gubernur baru tersebut  dikonfirmasi oleh Presiden baru Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador. Lewat Twitter resmi Presiden dalam bahasa Spanyol, Presiden Lopez Obrador menyatakan belasungkawa terdalam kepada kerabat kedua politisi.

Dia mengatakan, penyelidikan akan diluncurkan segera untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Hingga kini petugas masih melakukan investigasi,.

Alonso menjadi gubernur wanita pertama di Puebla  lewat pemilihan umum sengin pada Oktober lalu. Dia merupakan anggota partai PAN kanan-tengah.

Kecelakaan Pesawat/ilustrasi

© xinhua Kecelakaan Pesawat/ilustrasi

Alonso mulai menjabat sebagai Gubernur Puebla, kota terbesar kedua di Meksiko pada 14 Desember. Ia mengalahkan Manuel Barbosa dengan suara tipis. Barbosa adalah kandidat favorit Presiden Lopez Obrador untuk menjadi gubernur salah satu negara bagian terpadat di Meksiko.

Barbosa mengatakan, kematian Alonso dan Moreno Valle adalah tragedi yang tak seorang pun ingin. “Saya sangat terkejut dan berduka. Simpati saya kepada orang-orang yang mereka cintai. Ini bukan waktunya untuk membuat spekulasi,” ujar Barbosa. Suaminya, Moreno Valle juga menjabat sebagai gubernur Puebla antara 2011 dan 2017.

%d blogger menyukai ini: