22 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Grab Bakal Dapat Kucuran Dana Segar Rp 21,8 Triliun dari SoftBank

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Perusahaan Transportasi Online, Grab

© Disediakan oleh Kumparan Perusahaan Transportasi Online, Grab

Grab bakal segera menerima kucuran dana sebesar 1,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 21,8 triliun. Dana tersebut bakal dialirkan melalui Vision Fund yang merupakan bagian dari SoftBank, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang.

Vision Fund sendiri adalah firma investasi milik SoftBank yang digunakan perusahaan tersebut untuk mengalirkan dana investasi kepada perusahaan-perusahaan yang khususnya bergerak di bidang teknologi. Tak hanya berinvestasi dalam bentuk dana, SoftBank juga pernah menyalurkan bantuan berupa investasi infrastruktur teknologi untuk perusahaan startup.

Menurut laporan Ubergizmo, sebelumnya SoftBank berniat untuk menanamkan investasinya ke Grab sebesar 500 juta dolar AS atau sekitar Rp 7 triliun. Namun pada akhirnya, SoftBank memutuskan untuk mengalirkan hingga tiga kali lipat dari dana awal. 

SoftBank

© Disediakan oleh Kumparan SoftBank

Grab sendiri merupakan perusahaan teknologi yang baru berdiri sekitar enam tahun, tapi telah memiliki sejumlah nama investor besar seperti Toyota, perusahaan transportasi asal China Didi Chuxing, dan juga Softbank. Pada Juli 2017 lalu, Grab mengumumkan telah mendapat dana investasi dari Didi Chuxing dan Softbank sebesar 2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 26,6 triliun.

Secara total, dalam enam tahun terakhir Grab telah mendapat dana investasi yang mencapai 6,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 94,6 triliun dari investor-investor besar tersebut. 

Dengan besar dana investasi yang diraihnya, nilai perusahaan Grab tercatat telah mencapai 11 miliar dolar AS pada Agustus 2018. Tak heran jika kemudian SoftBank berani menggelontorkan dana lagi dengan jumlah yang cukup besar kepada salah satu perusahaan layanan transportasi online terbesar di kawasan Asia itu. 

Penumpang ojek motor Grab di Vietnam

© Disediakan oleh Kumparan Penumpang ojek motor Grab di Vietnam

SoftBank yang telah beberapa kali menggelontorkan dana investasi untuk Grab, pertama kali mengakuisisi saham di Grab pada 2014 lalu di Jepang dengan investasi sebesar 250 juta dolar AS atau setara Rp 3,6 triliun. Saat itu, Grab belum mengakuisisi operasional pesaingnya Uber di kawasan Asia Tenggara dan keduanya masih bersaing di wilayah tersebut. 

Adapun untuk rencana investasi terbaru, investasi sebesar Rp 21,8 triliun dari SoftBank untuk Grab dijadwalkan akan selesai pada Desember ini dan akan diumumkan pada Januari 2019.(Astrid Rahadiani Putri)

%d blogger menyukai ini: