31 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Ada Salju di Kawah Planet Mars, Begini Penampakannya

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Salju di Kawah Korolev, Mars.

© Disediakan oleh Kumparan Salju di Kawah Korolev, Mars.

Merahnya permukaan planet Mars memutih oleh tumpukan salju. Pemandangan unik itu diperlihatkan oleh robot penjelajah Mars Express milik Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) dalam foto hasil pengamatan terbarunya.

Tumpukan salju tersebut ditemukan satelit Mars Express di salah satu kawah Planet Merah, Korolev. Kawah berdiameter 81,4 kilometer yang terletak di bagian utara Mars itu selalu nyaris dipenuhi es putih sepanjang tahun.

Salju di Kawah Korolev. (NOT COVER)

© Disediakan oleh Kumparan Salju di Kawah Korolev. (NOT COVER)

Mars sebenarnya juga punya musim seperti Bumi, namun ada satu kondisi tertentu di mana daerah kawah Korolev ini selalu dingin. Hal ini dikarenakan ia punya fitur geologi ‘cold snap’ yang bisa menjaga temperatur sangat dingin dan membuat es tetap ada di sana.

Kawah ini memiliki kedalaman sekitar dua kilometer. Ada sebuah kubah es setebal 1,8 kilometer dan berdiameter 60 kilometer yang mengelilinginya. Ada dugaan kawah itu menyimpan sekitar 2.200 kilometer kubik es, tapi bisa saja sebagiannya adalah debu merah Mars.

Salju di Kawah Korolev. (NOT COVER)

© Disediakan oleh Kumparan Salju di Kawah Korolev. (NOT COVER)

Jadi, ketika udara di permukaan Mars yang tipis dan tidak bisa dipakai bernapas oleh manusia lewat di atas es, ia menjadi dingin dan mengendap. Hal ini membuat udara itu menjadi lapisan dingin yang melindungi es di kawah dari udara yang lebih hangat dan mencegah es di kawah itu meleleh.

Semua gambar-gambar salju di Mars ini diambil satelit Mars Express melalui instrumen DSLR High Resolution Stereo Camera (HRSC). Pada 25 Desember mendatang, robot penjelajah itu genap berusia 15 tahun selama di Mars.(Sayid Mulki Razqa)

%d blogger menyukai ini: