23 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Fakta-fakta di Balik Toyota Avanza yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Berita ini diberdayakan untuk kumparan.com

Com-Toyota Avanza

© Disediakan oleh Kumparan Com-Toyota Avanza

Sempat digeser oleh Mitsubishi Xpander, kini Toyota Avanza nampaknya tak membiarkan posisi puncak dan gelar mobil sejuta umat digeser kompetitor. Buktinya, angka wholesalesberhasil melambung kembali dan model penyegaran tengan dipersiapkan untuk meluncur tahun 2019.

Sebagai mobil yang paling laris saat ini, bocoran demi bocoran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terus dikulik. 

Bagi sebagian orang mungkin hal ini berlebihan, mengingat kehadiran model kendaraan baru adalah hal yang wajar dan selalu ada setiap tahunnya. Tapi, harus diingat yang dibicarakan sekarang adalah Toyota Avanza. Mobil yang boleh dibilang menjadi legenda yang masih eksis hingga sekarang. 

Hal ini tidak lepas dari sejarah panjangnya di Indonesia. Nah, lewat story ini kumparanOTO ingin coba memperkenalkan (atau mengingatkan kembali) bagaimana pengaruh Toyota Avanza untuk pasar otomotif lokal. Mengingat cerita ini akan sedikit panjang, tidak ada salahnya siapkan camilan dan atur posisi duduk senyaman mungkin.

Sudah siap? Oke kita mulai.

Mengapa Toyota Avanza spesial?

Oke sederhananya begini, Toyota Avanza ini menjadi model yang sukses membuka segmentasi baru di Indonesia. Sejak diperkenalkan tahun 2003, mobil tujuh penumpang ini berhasil membuka pasar low MPV (Multi Purpose Vehicle).

Terus memang kenapa?

Nahlow MPV ini boleh dibilang adalah segmen mobil yang ‘orang Indonesia banget’. Karena dari awal pertama kali didistribusi, tahun 2004, segmen ini terbukti berhasil menarik minat masyarakat Indonesia. Buktinya kalau merujuk data wholesales dari Gaikindo, segmen low MPV dari tahun 2004 selalu berkontribusi setidaknya 15 persen dan bahkan pernah mencapai 33 persen dari penjualan mobil baru di Indonesia.

Bentar-bentar, wholesales? Gaikindo? Apaan tuh?

Oiya lupa jelasin. Gaikindo ini kepanjangan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. Sederhananya ini adalah asosiasi yang memayungi merek-merek mobil yang dipasarkan di Indonesia. 

Setiap tahunnya Gaikindo ini punya kewajiban untuk ngolek data wholesales dari tiap-tiap pabrikan mobil. Kalau wholesales ini adalah angka yang menunjukkan angka distribusi dari pabrik ke diler. Jadi istilahnya jumlah mobil yang diproduksi tiap bulannya. Karena mengingat mayoritas pabrikan itu juga tentunya produksi untuk dijual ke konsumen (lewat diler) yang inden, bisa dibilang wholesales ini adalah gambaran kasar penjualan unit mobil setiap bulannya walaupun mungkin saja barang yang dikirim dari pabrik itu disimpan dulu di diler.

Oke, kalau begitu jadi Avanza ini bikin segmen mobil yang paling laris di Indonesia. Tapi Avanza-nya sendiri laris gak?

Wets, jangan salah. Ini mobil sejak pertama kali diluncurkan langsung menarik minat masyarakat Indonesia. Bayangin aja sampai saat ini Toyota Avanza masih tercatat di MURI sebagai ‘pencapaian penjualan 1 juta unit tercepat untuk semua kategori mobil’ yang dicatatkan pada Maret 2013. 

Jadi kasarnya kurang dari sembilan tahun dia sudah terjual 1 juta unit. Kebayang 1 juta unit itu kayak apa? Nih, sampai tahun 2016 ada 1,6 juta unit Toyota Avanza yang sudah diproduksi. Itu mobil-mobil kalau diparkir memanjang bakal mengular sampai 6.624 km. Panjang segitu tuh setara dengan setengah diameter bumi (12.742 km), coy.

Lah, banyak juga ya? Tapi emang enggak ada mobil lain yang punya prestasi setara?

Kalau merujuk data Gaikindo (lagi) yang sudah dihimpun sejak tahun 1991 sih enggak ada, ya. Paling dekat sih, Toyota Kijang Innova yang sejak tahun 2004 sampai tahun 2017 kemarin ‘baru’ tembus angka wholesales 735.263 unit.

Toyota Avanza

© Disediakan oleh Kumparan Toyota Avanza

Wadaw, pantes populasi Avanza di jalan banyak banget …

Jangan salah loh, kalau lihat data sampai tahun 2017(sejak 2004), bahkan Toyota Avanza ini sudah tembus angka wholesales sekitar 1,7 juta, itu belum ditambah Daihatsu Xenia yang dalam periode sama juga mencatat angka wholesales 616.446 unit. Paham kan kenapa nyalip itu mobil dua enggak ada abis-abisnya. 

Eh, kok jadi ngomongin Xenia?

Jadi gini, Toyota Avanza sama Daihatsu Xenia itu sebenarnya dibuat dari basis yang sama. Bahkan pabrik yang produksi pun sama. Ini karena saham Daihatsu Motor Company (DMC), pusat di Jepang sana, mayoritas dimiliki oleh Toyota. 

Ooh gitu. Terus kenapa Toyota Avanza bisa laku keras di Indonesia?

Pertanyaan bagus, jadi ada hubungannya nih sama krisis monenter yang melanda Indonesia tahun 1998. Kejadian itu bikin harga kendaraan melambung ke level tertinggi sepanjang sejarah otomotif Indonesia. 

Toyota sebenarnya saat itu udah punya Kijang yang diproyeksikan sebagai mobil keluarga yang terjangkau. Tapi, ya namanya nasib, akhirnya naik juga harga Kijang. Toyota akhirnya mutusin untuk kembangin mobil baru khusu untuk pasar Indonesia. Rangkaian survei panjang dilakukan sampai ke daerah-daerah.

Nah, itu mobil baru cikal bakalnya Toyota Avanza tuh?

Betul banget. Sebenarnya saat itu Toyota dapat beberapa kesimpulan untuk mobil yang ‘Indonesia banget’ itu harus memenuhi kriteria:

1. Harga murah

2. Kapasitas mampu menampung seluruh anggota keluarga

3. Dimensi ringkas, karena banyak calon pembeli mobil yang tinggal di wilayah dengan jalan kecil dan garasi terbatas kala itu.

4. Punya daya tahan yang baik. Setidaknya bisa dipakai 5-10 tahun.

5. Punya harga jual kembali yang baik

Dari situlah kemudian Toyota Avanza lahir dan bisa dibilang memenuhi semua kriteria itu. Soal harga, tahun 2004 saat pertama kali diluncurkan, klaim Toyota harga Avanza itu ‘hanya’ 70 persen dari ‘kakaknya, Kijang Innova. Masalah kapasitas, dari awal Toyota Avanza sudah langsung dipastikan hadir dengan tiga baris dan kemampuan menampungnya gak perlu diragukan lagi.

Lanjut soal dimensi. Boleh dibilang Toyota Avanza ini pas untuk jalanan Indonesia. Coba aja mampir ke beberapa pedalaman pasti ini mobil masih ditemukan beroperasi. Terus soal daya tahan dan harga jual kembali, ini sampai sekarang masih ada kok berseliweran di jalanan raya Toyota Avanza dari tahun-tahun 2008 atau bahkan lebih tua. Sementara soal harga di pasar mobil bekas juga walaupun mulai menurun trennya tapi harganya bisa dibilang stabil beberapa tahun belakangan.

Oooh begitu …

Ada lagi nih, Toyota Avanza sendiri ini punya arti yang mendalam sob,

Hah? Gimana tuh?

Kalau berdasar ceritanya Toyota, Avanza ini diambil dari Bahasa Italia, ‘avanzato’ yang secara harafiah artinya peningkatan. Yah. Boleh dibilang Toyota Avanza ini model peningkatan untuk mobil keluarga Indonesia lah.

Wah keren juga ya, tapi kalau udah bisa bertahan dari 2004 berarti Toyota Avanza ini mobil populer banget ya?

Bisa dibilang begitu. Tapi sebenarnya tahun 2018 ini dominasi Toyota Avanza mulai terganggu nih sama kompetitor. Jadi beberapa tahun yang lalu Mitsubishi bikin riset untuk istilahnya bikin tandingannya Toyota Avanza ini lah. Akhirnya pertengahan tahun 2017 keluar tuh Mitsubishi Xpander yang iklannya lagi di mana-mana itu. Bukan cuman gencar iklan, Mitsubishi Xpander ini juga terbukti paten nih selama tahun 2018 dari Februari-September –minus Juni– angka wholesales-nya lewatin Toyota Avanza.

Komparasi data penjualan Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander

© Disediakan oleh Kumparan Komparasi data penjualan Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander

Eh, tapi kan sekarang udah Desember?

Nah, sebenarnya Toyota Avanza mulai kejar ketinggalan nih di akhir tahun dan dominan lagi soal wholesales, tapi ya harus diakui kehadiran Mitsubishi Xpander ini ngasih lihat juga kalau mobil low MPV itu bukan cuman fungsionalitas aja. Makanya model Toyota Avanza baru ini mau keluar jadi hal yang besar.

Hmmm… Emang Toyota Avanza baru bakal kayak apa?

Ini dia nih yang sebenarnya menarik. Karena tentunya kan pihak Toyota sendiri tentunya pengen kasih kejutan ke konsumen dengan model baru ini. Jadi belum ada informasi resmi terkait mobil ini, Tapi berdasar beberapa informasi terakhir ubahannya sebenarnya enggak akan banyak-banyak banget alias sekadar facelift

Berdasar informasi yang dikumpulkan sih ubahan fokus ke tampilan eksterior, selain itu ada tambahan lampu LED sama beberapa fitur seperti engine start stop untuk varian atasnya. 

Eh, tapi gambar yang di bawah ini hasil olah digital dari orang ya bukan model Toyota Avanza baru yang resmi dari Toyota jadi.

Rendering Toyota Avanza Baru

© Disediakan oleh Kumparan Rendering Toyota Avanza Baru

Terus kapan Toyota Avanza baru ini keluar?

Masih belum ada pengumuman resmi sih, tapi berdasar informasi beberapa sumber terpercaya, 15 januari 2019 katanya bakal jadi hari lahirnya Avanza model baru ini.

Siap deh kalau begitu, semoga beneran jadi ya, nih Toyota Avanza baru keluar, soalnya ane jadi penasaran juga nih jadinya. 

Nah, kan makanya ikutin terus update-nya, tuh tinggal follow topic Toyota Avanza, yes!(Alfons Hartanto)

%d blogger menyukai ini: