23 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

Bukan Jumlah Klep, Ini yang Membedakan Jenis Mesin SOHC dan DOHC

Berita ini diberdayakan untuk gridoto.com

Bukan jumlah klep yang tentukan mesin berjenis SOHC atau DOHC

© MOTOR Plus|Ryan Bukan jumlah klep yang tentukan mesin berjenis SOHC atau DOHC

Jangan salah sangka, bukan jumlah klep yang membedakan jenis mesin itu SOHC atau DOHC.  Paling sering kejadian salah persepsi ini di mesin motor.

Banyak yang beranggapan kalau mesin dengan 2 klep di silinder itu SOHC dan mesin dengan 4 klep di silinder itu DOHC. Padahal anggapan tersebut tidak benar. Nyatanya ada mesin dengan 4 klep di silinder masih mengusung mesin SOHC, seperti Yamaha R15 contohnya.

Hal yang membuat motor disebut bermesin SOHC dan DOHC memang bukan berdasarkan jumlah klep di silinder. Tetapi berdasarkan jumlah poros kem atau noken as yang berada di dalam silinder.

Mesin DOHC memiliki dua poros kem

© MOTOR Plus Mesin DOHC memiliki dua poros kem

Sebenarnya, dari kepanjangan SOHC dan DOHC saja sudah ketahuan dimana perbedaannya.

SOHC memiliki kepanjangan Single Overhead Camshaft yang secara sederhana bisa disebut memiliki satu overhead camshaft atau kem tunggal. Sedangkan DOHC memiliki kepanjangan Double Overhead Camshaft atau memiliki overhead camshaft ganda di dalam silinder.

Nah, sekarang jelas kalau perbedaan antara mesin SOHC dan DOHC berada di jumlah kem yang berada di silinder. Pada mesin DOHC memiliki kem ganda yakni satu kem untuk mengatur klep isap dan satu batang kem lainnya mengatur kem buang.

Editor: Mohammad Nurul Hidayah

Copyright Bukan Jumlah Klep, Ini yang Membedakan Jenis Mesin SOHC dan DOHC

%d blogger menyukai ini: