29 Oktober 2020

timurmerdeka.com

Untuk Masyarakat Masa Depan

OJK: Jangan Main-main Mengumumkan Dividen

Berita ini diberdayakan untuk kontan.co.id

Kepala Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuanga (OJK) Hoesen mengatakan siap memeriksa terkait adanya perubahan rencana pembagian dividen yang bakal dibagikan PT Merck Tbk (MERK).

OJK: Jangan main-main mengumumkan dividen

© Akbar Nugroho Gumay OJK: Jangan main-main mengumumkan dividen

“Nanti kami periksa, (koreksi dividen) apakah dengan sengaja atau enggak. Kalau dengan sengaja, ya pasti kami kasih sanksi, pelanggaran,” kata Hoesen, Rabu (19/12).

Untuk itu, selanjutnya OJK akan melihat terlebih dahulu laporan dari MERK, hasil public expose dan laporan lainnya yang diperlukan. Otoritas akan melihat lebih jauh tujuan dari emiten itu untuk mengoreksi rencana pembagian dividen interim mereka. “Jangan kemudian, ini dipakai main-main, ngumumin dividen interim jangan main-main, harus benar-benar, terukur dan akurat,” tegas Hoesen.

Hoesen juga mengatakan bahwa, pihaknya akan meminta materi dan laporan langsung ke MERK terkait perubahan rencana pembagian dividen interim tersebut. Mengingat, dasar utama dari pembagian dividen adalah dari untung atau laba emiten, sehingga itu akan dikaji lebih jauh.

“Mungkin, sarannya perlu dibuat aturannya (pembagian dividen interim), kami akan pertimbangkan untuk bikin aturannya deh. Supaya, kalau mau bagi dividen interim, jangan sampai penghitungannya belum akurat tapi sudah diumumkan,” tandasnya.

Dia juga menegaskan, bahwa tidak ada aturan dari regulasi yang melarang emiten untuk membagikan dividennya. Di sisi lain, OJK menyambut positif langkah MERK yang segera menjelaskan ke publik lewat digelarnya paparan publik.(Intan Nirmala Sari)

%d blogger menyukai ini: